Comscore Tracker

Masa Jeda Liga 1 Ditambah, Skuat PSM Makassar Tetap Latihan

Keputusan diambil oleh PT. LIB dan PSSI

Makassar, IDN Times - Meski BRI Liga 1 2022-23 dihentikan untuk sementara waktu, para pemain PSM Makassar dipastikan tetap berlatih. Ini disampaikan oleh Sulaiman Abdul Karim selaku Media Officer.

"Tim akan latihan besok (Rabu, 4 September) jam 4 sore di Stadion Kalegowa," ungkapnya dalam pesan singkat yang diterima IDN Times pada Selasa (4/10/2022).

Wiljan Pluim dkk sendiri sudah tiba di Makassar sejak Minggu kemarin (3/10/2022), setelah sempat bermalam di Banjarmasin untuk jalani partai tunda kontra Barito Putera, yang kembali tertunda.

1. Perpanjangan masa jeda didasari suasana yang masih berkabung

Masa Jeda Liga 1 Ditambah, Skuat PSM Makassar Tetap LatihanSuasana Stadion Kanjuruhan pada Senin (3/10/2022). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) kembali memperpanjang masa penundaan kompetisi menjadi dua pekan. Ini diumumkan dalam surat bernomor 583/LIB-KOM/X/2022 dan 584/LIB-KOM/X2022 yang mereka kirim ke seluruh klub peserta Liga 1 pada Senin kemarin (3/10/2022).

Suasana berkabung usai Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu malam (1/10/2022) jadi alasan utama. Selain itu, surat tersebut tak cuma dalam lingkup Liga 1. Keputusan penundaan juga diberlakukan terhadap Liga 2 yang sudah berjalan tujuh pekan.

2. PSM Makassar meminta agar lingkar kekerasan di sepak bola segera berhenti

Masa Jeda Liga 1 Ditambah, Skuat PSM Makassar Tetap LatihanGelandang PSM Makassar Muhammad Arfan (kiri) dan pelatih kepala Bernardo Tavares dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Selasa 14 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Pemain dan pelatih Pasukan Ramang turut berduka atas peristiwa memilukan tersebut. Melalui akun Instagram @psm_makassar, mereka berharap kejadian ini tak terulang di masa mendatang. Mereka turut serta meminta semua pihak agar menciptakan sepak bola tanpa kekerasan.

"Kami seluruh tim PSM Makassar menyampaikan duka yang sangat mendalam atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang. Mari kita bersama-sama membuat tragedi ini sebagai yang terakhir kaliya," ungkap gelandang Muhammad Arfan dalam video pendek yang diunggah pada Senin sore (3/10/2022).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Dirut PSM: Ini Duka Mendalam Sepak Bola Kita

3. PSSI dan Polri sudah mengambil tindakan atas Tragedi Kanjuruhan

Masa Jeda Liga 1 Ditambah, Skuat PSM Makassar Tetap LatihanSuasana doa bersama untuk korban tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan bersama pemain dan warga pada Senin (3/10/2022). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Beberapa institusi sudah mulai mengambil tindakan. Kapolri Listyo Sigit sudah mencopot AKBP Ferli Hidayat dari posisi sebagak Kapolres Malang pada Senin kemarin (3/10/2022), dua hari setelah peristiwa nahas yang menewaskan 125 orang tersebut. Selain itu, 9 komandan Brimob juga sudah dinonaktifkan dari jabatannya masing-masing.

Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa berjanji akan memberi sanksi pidana pada oknum prajurit yang terbukti melakukan tindak kekerasan. Sementara itu, Komite Disiplin PSSI sudah memberi sanksi pada Arema FC. Yakni jalani partai usiran hingga akhir musim, didenda Rp250 juta rupiah, serta pelarangan Abdul Haris (Panitia Pelaksana) dan Suko Sutrisno (Security Officer) berkecimpung di sepak bola nasional seumur hidup.

Baca Juga: Pemain dan Pelatih PSM Makassar Serukan Sepak Bola tanpa Kekerasan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya