Comscore Tracker

Logo Honda Gantikan Bosowa Semen di Jersi PSM Makassar

PSM rilis dua jenis kostum tanding untuk Liga 1 2021/2022

Makassar, IDN Times - Tepat sehari sebelum menjalani pertandingan perdana di BRI Liga 1 2021/2022, PSM Makassar memperkenalkan jersi tanding anyar. Tak lagi pakai apparel buatan Umbro, kali ini mereka menggunakan kostum buatan sendiri.

Jersi kandang masih didominasi warna khas PSM, yakni merah marun dengan corak berupa siluet ombak. Selaras dengan lautan yang dilayari kapal pinisi di logo klub.

Sedangkan jersi kedua tetap mengusung warna putih polos, yang dipertahankan sejak tahun 2018.

Baca Juga: Plt Gubernur Dukung PSM Makassar Juara Liga 1 

1. PSM Makassar membawa slogan "Siri' na Pacce" dalam jersey anyar

Logo Honda Gantikan Bosowa Semen di Jersi PSM MakassarTangkapan layar video pengenalan jersey baru PSM Makassar untuk BRI Liga 1 2021/22 yang menampilkan winger Yakob Sayuri. (YouTube.com/PSM Makassar)

"Filosofinya masih sama, yakni semangat siri' na pacce," kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, soal makna corak kostum tanding PSM yang baru. 

Siri na pacce merupakan semboyan dalam Bahasa Makassar yang berarti mempertahankan harga diri dan berjuang sekuat tenaga.

dalam pesan singkat yang diterima IDN Times pada Sabtu petang (4/9/2021).

Falsafah lama Makassar tersebut memang sudah mendarah daging di tubuh PSM sejak lama. Tapi untuk kali ini, mereka mencantumkan kata-kata pembakar semangat itu pada bagian kerah belakang.

2. Honda gantikan Bosowa Semen sebagai sponsor utama

Logo Honda Gantikan Bosowa Semen di Jersi PSM MakassarTangkapan layar video pengenalan jersey baru PSM Makassar untuk BRI Liga 1 2021/22 yang menampilkan beberapa pemain. (YouTube.com/PSM Makassar)

Untuk musim ini, tak ada logo Bosowa Semen yang menjadi sponsor utama di bagian dada jersi. Sebagai gantinya, ada logo produsen otomotif asal Jepang yakni Honda, yang mendukung PSM lewat Astra Honda Makassar.

"Ini adalah tahun keempat PSM Makassar dan Honda Satu Hati. Alhamdulillah, selama kebersamaan itu banyak perjuangan dan prestasi yang sama-sama kami raih,” ungkap Direktur PSM Makassar, Munafri Arifuddin, dalam keterangan tertulis.

Tidak ada penjelasan Appi soal logo Bosowa Semen yang tidak lagi menjadi sponsor utama. Cuma disebutkan bahwa PSM masih mempertahankan kerja sama sponsor dengan perusahaan itu, seperti dua lainnya, yakni Kalla Group dan Kuku Bima.

3. PSM usung target

Logo Honda Gantikan Bosowa Semen di Jersi PSM MakassarSejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021).Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Direktur Utama PSM Makassar Munafri Arifuddin menyampaikan optimismenya menyambut Liga 1. Dia berharap timnya bekerja keras demi membuahkan hasil latihan selama ini.

“Target kami pasti ingin lebih baik lagi dari musim-musim sebelumnya. Lewat kerja keras, saya yakin tim ini bisa membuktikannya,” kata Munafri.

Pelatih PSM Milomir Seslija juga optimistis, meski mengaku timnya punya persiapan singkat jelang liga dimulai. Dia yakin Pasukan Ramang akan memberikan yang terbaik.

“Kami akan terus bekerja keras mengembangkan tim ini berkembang dari pertandingan ke pertandingan lainnya,” kata Milo.

Baca Juga: Pelatih PSM Saling Puji dengan Juru Taktik Arema FC

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya