Comscore Tracker

Liga 1 Belum Jelas, PSM Bakal Tambah Waktu Libur Pemain

Jadwal latihan tergantung hasil rapat tim pelatih

Makassar, IDN Times - Para pemain PSM Makassar sepertinya akan libur lebih panjang, usai jeda hari raya Iduladha. Sebab tim pelatih belum memutuskan kapan Zulkifli Syukur dkk kembali berkumpul.

"Rencananya tanggal 26 nanti. Tapi kita masih menunggu nanti hasil rapat tim pelatih," kataMedia Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim lewat pesan singkat, Sabtu (24/7/2021).

Sedianya PSM menjadwalkan kembali berlatih di Bosowa Sport Center Makassar pada 22 Juli 2021. Penundaan ini juga terkait dengan belum adanya kepastian kapan kick-off Liga 1 musim baru.

Baca Juga: Serif Hasic Dirumorkan Bakal Kembali ke PSM, Begini Tanggapan Milo

1. Para pemain PSM Makassar diminta tetap menjaga kebugaran di rumah

Liga 1 Belum Jelas, PSM Bakal Tambah Waktu Libur PemainSejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021).Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sule, sapaan akrabnya, memastikan bahwa para penggawa Juku Eja tetap menjaga kondisi kebugaran hingga tim kembali berlatih. Mereka diberi program latihan mandiri selama berada di rumah masing-masing.

"Ya, intinya pesan pelatih tetap profesional jaga kondisi masing-masing," ujarnya, seperti dilansir laman LigaIndonesiaBaru.com, Kamis silam (22/7/2021).

Sejumlah pemain juga tampak memanfaatkan waktu luang untuk pelesiran di dalam Kota Makassar. Seperti dilakukan duo Belanda, Wiljan Pluim dan Anco Jansen, yang mengunjungi Pulau Samalona.

2. Sebelum libur, para jebolan akademi diberi kesempatan merumput

Liga 1 Belum Jelas, PSM Bakal Tambah Waktu Libur PemainPenyerang muda PSM Makassar, Reza Abdillah (kanan), saat turun dalam laga uji coba kontra Putra Banca FC di Lapangan Yonzipur 8/SMG Moncongloe, Kab. Maros, Sabtu 17 Juli 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebelum rehat, PSM empat kali beruji coba dengan klub-klub lokal. Meski baru memimpin di dua pertandingan, pelatih anyar Milomir Seslija menyebut anak asuhnya kian padu. Di partai uji coba terakhir sebelum libur, ia bahkan memberi kesempatan merumput pada seluruh jebolan akademi.

"Apa gunanya mencetak lebih dari 10 gol tapi cuma memainkan 11 pemain inti? Di sepak bola, kita harus memberi kesempatan bagi anak-anak muda ini demi pengembangan mereka," ungkap Milo dalam keterangan pers selepas menekuk Putra Banca.

3. Sektor belakang akan diperkuat sebelum kompetisi bergulir

Liga 1 Belum Jelas, PSM Bakal Tambah Waktu Libur PemainBek senior PSM Makassar, Zulkifli Syukur (kiri), dalam laga uji coba kontra Kakha FC di Lapangan Yonzipur 8/SMG Moncongloe, Kab. Maros, Sabtu 10 Juli 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Lebih jauh, dari sejumlah uji coba, coach Milo mulai memetakan sektor mana saja yang masih perlu tambahan tenaga. Salah satunya sektor belakang, di mana sejauh ini baru diisi empat bek tengah.

Nama Serif Hasic, eks penggawa di musim 2020, mencuat sebagai kandidat terdepan. Milo enggan bicara banyak soal perekrutan bek tengah asal Bosnia-Herzegovina itu. Tetapi, ia yakin Serif bisa menjadi strategi pembelian yang tepat.

"Tentu saja sebagai pelatih, saya merasa Serif adalah pemain yang bagus. Dan memiliki hubungan yang baik dengan pemain lokal. Karena tidak ada gunanya pemain asing itu bagus tapi tidak bisa beradaptasi dengan kebiasaan di Makassar serta pemain lokal," lanjut Milo.

Baca Juga: Liga Terancam Molor, PSM Isyaratkan Setop Sementara Latihan Pemain

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya