Jelang Play Off LCA, Drainase Lapangan di Markas PSM Dibenahi

Penyerapan air di Stadion Gelora BJ Habibie kerap dikeluhkan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare membenahi Stadion Gelora BJ Habibie, markas PSM Makassar, jelang laga play off wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2023-24. Salah satu perbaikan yang dilakukan adalah membangun saluran drainase di lapangan.

"Setelah kami evaluasi dengan pihak PSM, ternyata sumber masalahnya adalah drainase, pembuangan air untuk keluar dari lapangan. Kita percepat karena kita mau melakukan lagi pembenahan, perawatan dan penyegaran dari rumput itu sendiri," ujar Wali Kota Parepare Taufan Pawe dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Rabu (18/5/2023).

Baca Juga: Jadwal PSM Vs Bali United di Play Off Liga Champions Asia Berubah

1. Lapangan Stadion Gelora BJ Habibie sempat disoroti pada putaran kedua musim lalu

Jelang Play Off LCA, Drainase Lapangan di Markas PSM DibenahiSalah satu momen pertandingan pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus RANS Nusantara FC di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin 30 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Masalah penyerapan air menjadi masalah utama sepanjang putaran kedua musim lalu. Salah satu yang paling diingat yakni pada laga pekan ke-21 melawan RANS Nusantara FC, 30 Januari 2023. Saat itu, kedua tim sulit mengembangkan permainan akibat genangan air di lapangan yang kerap menghentikan laju bola operan.

Hal sama juga terulang dalam partai pekan ke-27, saat Wiljan Pluim dkk menjamu tim promosi lainnya yakni Dewa United. Juru taktik Tangsel Warriors, Jan Olde Riekerink, saat itu mengaku sempat ragu pertandingan bisa digelar tepat waktu akibat genangan.

2. Perbaikan juga dilakukan sebagai persiapan jelang agenda penting Juku Eja

Jelang Play Off LCA, Drainase Lapangan di Markas PSM DibenahiWali Kota Parepare, Taufan Pawe (dua dari kiri), saat meninjau langsung pembenahan Stadion Gelora BJ Habibie pada Rabu 17 Mei 2023. (Dok. Humas Pemkot Parepare)

Di sisi lain, pembenahan stadion berkapasitas sekitar 8 ribu penonton tersebut menjadi komitmen Pemkot Parepare dalam merespons masukan dari manajemen Juku Eja. Terlebih agenda penting juga akan berlangsung di GBJH, sehingga mengundang animo tinggi para suporter.

"Yang jelas kami tidak pernah diam, selalu bergerak dengan kerja-kerja responsif. Insyaallah Stadion Gelora BJ Habibie ini selalu siap senantiasa melakukan pertandingan atau turnamen," ungkap Taufan.

3. Duel perebutan tiket kualifikasi LCA berlangsung pada 6 dan 10 Juni mendatang

Jelang Play Off LCA, Drainase Lapangan di Markas PSM DibenahiPemain Bali United Ricky Fajrin (dua dari kanan) sedang melindungi bola dari pemain PSM Makassar Ananda Raehan Alief (paling kanan) dalam laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 20 Januari 2023. (Dok. Ofisial Bali United/Ewin Setyo)

Play off wakil Indonesia untuk kualifikasi Liga Champions Asia 2023-24 berlangsung pada 6 dan 10 Juni mendatang. PSM akan lebih dulu bertandang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, sebelum menerima lawatan Serdadu Tridatu asuhan Stefano Cugurra di Parepare.

Bali United sendiri sudah berlatih sejak Senin lalu (15/5/2023) dan mengagendakan uji coba melawan Persebaya Surabaya pada 28 Mei mendatang. PSM sendiri masih jalani masa libur, dan rencananya baru berkumpul di tanggal 1 Juni.

Baca Juga: Skema Unik Play-off Liga Champions Asia, Bali United vs PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya