Jaga Performa Tim di Bulan Puasa, Pelatih PSM Siapkan Program Khusus

Para pemain baru kembali berlatih pada 27 Maret mendatang

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, sudah menyiapkan program latihan untuk anak asuhnya pada masa Ramadan. Meski baru melatih di Indonesia, ia sudah berpengalaman hadapi kompetisi saat bulan suci.

Ia merujuk pada pengalamannya menangani klub kasta teratas Oman, Al-Nahda, di musim 2014-15 silam.

"Saya sebelumnya sudah punya pengalaman melatih dan bekerja di negara Arab. Saya kira kita harus betul-betul mengontrol energi mereka karena mereka tidak bisa makan dan minum secara normal seperti biasanya," ujar Tavares dilansir situs resmi PT LIB pada Rabu malam (22/3/2023).

Baca Juga: Skenario PSM Makassar Juara Lebih Cepat, Tergantung Persija dan Persib

1. Tavares sudah punya pengalaman saat kompetisi masuk bulan puasa

Jaga Performa Tim di Bulan Puasa, Pelatih PSM Siapkan Program KhususPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Lebih jauh, ia menyebut berkomunikasi dengan seluruh penggawa Juku Eja, dan semuanya sepakat tidak ada masalah berarti terkait program latihan tim selama bulan Ramadan.

"Kita akan menjaga para pemain dengan baik, dan pemain yang berpuasa, latihan masih akan berjalan dengan penyesuaian, dan yang lainnya (pemain non-muslim, red.) akan jalani porsi latihan yang sama," jelasnya.

"Saya kira tidak akan ada masalah dengan kebiasaan berpuasa tersebut. Kita akan mengontrolnya," tandas pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

2. Wiljan Pluim siap lahap program latihan demi menjaha fokus

Jaga Performa Tim di Bulan Puasa, Pelatih PSM Siapkan Program KhususPemain PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) melindungi bola dari pemain Persis Solo Alexis Messidoro (kanan) dalam laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Minggu 5 Maret 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sementara itu, Wiljan Pluim selaku kapten tim sudah siap jalani program latihan serta tantangan yang menunggu. Terlebih ini jadi tahun ketujuhnya di Indonesia, sehingga sudah akrab dengan suasana kompetisi Liga 1 yang tetap bergulir ketika bulan puasa.

"Kita akan menjalani pertandingan berat, yang sulit dan pertandingan ini tidak berbeda dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya," kata pemilik nomor punggung 80 tersebut.

"Yang kita lakukan harus fokus dan betul-betul siap memberikan segalanya untuk pertandingan. Dan tentu saja kita butuh dukungan dari para suporter," sambung Pluim.

3. Setelah libur, Juku Eja akan melawat ke markas Madura United

Jaga Performa Tim di Bulan Puasa, Pelatih PSM Siapkan Program KhususSuasana latihan skuat PSM Makassar di Shah Alam Mini Stadium, Selangor, Malaysia, pada Selasa 21 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Para pemain PSM sendiri sedang jalani libur, yang bertepatan dengan masa jeda internasional. Tavares memanfaatkan libur untuk pulang ke Portugal. Para legiun asing tetap berada di Indonesia, salah satunya Everton Nascimento yang berlibur bersama sang istri ke Bali. Sedangkan seluruh pemain lokal pulang ke daerah asal masing-masing. Mereka semua baru kembali berlatih pada 27 Maret mendatang.

Tiga pertandingan penutup sudah menunggu Pasukan Ramang selepas libur. Agenda terdekat adalah laga away ke markas Madura United pada 31 Maret. Tur Jawa kemudian berlanjut dengan menantang PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, 6 April mendatang.

Setelah itu, PSM akan lakoni laga penutup musim dengan menjamu Borneo FC di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare.

Baca Juga: Luis Milla Duga Mental Pemain Persib Turun Usai Kalah dari PSM 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya