Comscore Tracker

Gol Terbaik AFC Cup 2022 Milik Yacob Sayuri

Sayuri mengumpulkan suara terbanyak pada voting di situs AFC

Makassar, IDN Times - Gol Yakob Sayuri ke gawang Kuala Lumpur City FC pada semifinal Zona ASEAN terpilih menjadi gol terbaik AFC Cup 2022. Ini adalah hasil voting yang digelar oleh situs resmi induk sepak bola Asia tersebut selama satu pekan.

Berdasarkan hasil voting yang ditutup pada Senin lalu (7/11/2022), gol winger PSM Makassar itu mendapat suara mencapai 51 persen. Jauh unggul ketimbang gol Nadim Sabag dari klub Tishreen (37%) hingga gol penggawa tim jawara Al Saab yakni Salaah Al Yahyaei (8%).

Baca Juga: HUT PSM Makassar, The Macz Man Demo Gubernur Sulsel soal Mattoanging

1. Gol tersebut dilesakkan pada laga semifinal Zona ASEAN melawan Kuala Lumpur City FC

Gol Terbaik AFC Cup 2022 Milik Yacob SayuriPemain PSM Makassar, Yakob Sayuri, selepas pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 kontra Persib Bandung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Senin 29 Agustus 2022. (Instagram.com/yassa_sayuri)

Saat itu, PSM tertinggal 3-0 dari The City Boys. Bernardo Tavares coba meningkatkan intensitas serangan dengan mengandalkan skill individu dua winger yakni Yakob Sayuri dan Rizky Eka Pratama.

Menerima bola dari Muhammad Arfan, sayap kelahiran Kepulauan Yapen itu bisa melewati lebih dulu bek KL City FC yakni Declan Lambert. Tak butuh waktu lama, ia langsung melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola bersarang telak di pojok kanan gawang Asraf Ghani pada menit ke-58.

2. Yakob Sayuri juga jadi salah satu pemain dengan akurasi tembakan tertinggi

Gol Terbaik AFC Cup 2022 Milik Yacob SayuriPara pemain PSM Makassar merayakan gol Yakob Sayuri (paling kanan) dalam laga kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelroa B.J. Habibie Parepare, 10 September 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Kian istimewa sebab pemilik nomor punggung 22 itu juga masuk dalam daftar teratas sejumlah statistik AFC Cup 2022. Ia jadi pemain dengan akurasi tembakan tertinggi kedua yakni 70 persen. Masih di bawah winger milik Kedah Darul Aman (Malaysia), Mahmoud Al Mardi, yang mencapai 80 persen.

Yakob juga tercatat menjadi pemain yang paling rajin melakukan intersep. Winger Timnas Indonesia itu sukses mematahkan aliran bola tim lawan sebanyak 12 kali. Ini membuatnya sejajar dengan Mohammed Al Musalami (Al Seeb) dan Tamirlan Kozibaev (Eastern SC) yang catatkan rekor serupa.

3. Reza Arya Pratama bersanding dengan kiper timnas Bahrain, Oman, Filipina dan Suriah

Gol Terbaik AFC Cup 2022 Milik Yacob SayuriKiper Reza Arya Pratama jelang laga uji coba antara PSIS Semarang kontra PSM Makassar di Stadion Jatidiri Semarang, 28 Mei 2022. (Instagram.com/rezaaryapratama20)

Selain Yakob, Reza Arya Pratama juga masuk dalam daftar statistik AFC Cup 2022. Anak muda asal Parepare tersebut jadi kiper paling rajin keempat sepanjang kejuaraan. Ia mencatatkan 13 kali penyelamatan dari 4 penampilan, atau rata-rata 3,25 per laga.

Namanya bersanding dengan penggawa Timnas Bahrain yaitu Abdulkarim Fardan Abdulla (Al Riffa), Ahmed Al Rawahi (Al Seeb) yang berstatus kiper Timnas Oman, Kevin Mendoza (KL City FC) asal Timnas Filipina, serta kiper senior Timnas Suriah yakni Ibrahim Alma (Jableh).

Baca Juga: PSM Makassar Dukung KLB PSSI, Desak Evaluasi Total Sepak Bola Nasional

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya