Gol Menit Akhir Kenzo Nambu Antar PSM Makassar Bekuk Persita Tangerang

Juku Eja akhirnya kembali ke jalur kemenangan

Makassar, IDN Times - PSM Makassar secara mengejutkan membawa pulang poin penuh dari markas Persita Tangerang. Duel pekan ketujuh yang berlangsung di Indomilk Arena Karawaci, Senin sore (7/8/2023) tersebut berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan tim tamu.

Dalam partai ini, PSM sedikit mengubah susunan tim utama. Dzaky Asraf dan Adilson da Silva diturunkan sebagai penyegaran di sisi sayap dan depan. Yance Sayuri bermain sebagai bek, mendampingi Yuran Fernandes serta Safrudin Tahar.

Hal serupa juga dilakukan oleh Persita. Aditya Harlan diganti oleh Rendy Oscario di bawah mistar gawang. Muhammad Toha mengganti Fairuz Zaman Ohorella yang bisa ditempatkan sebagai bek kanan.

Persita bisa menguasai jalannya pertandingan sejak menit pertama. Memanfaatkan kombinasi serangan sisi sayap dan tengah, mereka bisa mengancam lewat peluang Mario Jardel dan Bae Sin-young.

Pada pertengahan babak pertama, tak cuma Bae Sin-young yang membuat repot pertahanan PSM. Ezequiel VIdal mengancam dalam interval dua menit, tapi belum mengarah ke gawang yang dijaga Reza Arya.

PSM sendiri bukannya lupa menyerang. Mereka memiliki kesempatan lewat peluang Yakob dan Yance Sayuri di menit ke-38. Meski begitu, gawang Persita masih selamat karena bola melebar dari sasaran.

Tembakan Ramiro Fergonzi yang membentur mistar gawang PSM pada menit ke-42 jadi satu-satunya peluang berbahaya di pengujung babak pertama. Tak ada gol tercipta hingga turun minum.

Keluar dari kamar ganti, Juku Eja mengganti Adilson da Silva yang tak banyak terlihat pada babak kedua. Striker asal Portugal tersebut diganti oleh Everton Nascimento. Kemampuan ball keeping ujung tombak asal Brasil tersebut agaknya sangat dibutuhkan.

Pendekar Cisadane kembali mendapat peluang emas pada menit ke-64. Melalui skema direct play dari lini belakang, Ramiro Fergonzi melepas sepakan chip di dalam kotak penalti. Tapi kiper Reza bisa sigap maju dan menepis bola tembakan striker asal Argentina tersebut.

Secara mengejutkan, PSM justru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-89. Sepakan pelan Kenzo Nambu membentur kaki Bae Sin-young yang berusaha menghalaunya. Tapi, arah bola bergulir menyusur tanah dengan kencang hingga luput dari tangkapan kiper Rendy Oscorio. Gawang Persita akhirnya jebol lewat proses yang aneh.

Drama terjadi pada masa injury time. Victor Dethan yang masuk sebagai pemain pengganti mengantongi kartu kuning kedua dan harus mandi lebih cepat. Beruntung, PSM bisa mempertahankan keunggulan 0-1 hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan ini membawa PSM Makassar melejit ke peringkat 4 klasemen sementara. Persita, yang menelan kekalahan kedua secara beruntun, turun menuju posisi 7.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Persita Tangerang (4-2-3-1)

Rendy Oscario (GK); Muhammad Toha, Christian Rontini, Javlon Guseynov, Mario Jardel (Ambrizal Umanaoilo, 76'); Fahreza Sudin (Mateo Bustos, 62'), Bae Sin-young; Esal Sahrul Muhrom (Hanis Saghara Putra, 62'), Irsyad Maulana (Fairuz Zaman Ohorella, 76'), Ezequiel Vidal; Ramiro Fergonzi

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Yance Sayuri, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Dzaky Asraf, Yakob Sayuri (Erwin Gutawa, 90+5'), Muhammad Arfan (Kenzo Nambu, 64'), Akbar Tanjung, Rizky Eka Pratama (Victor Dethan, 80'); Wiljan Pluim (Donald Bissa, 90+5'), Adilson da Silva (Everton Nascimento, 46')

Baca Juga: Gelandang Akbar Tanjung Kewalahan Jadwal Padat PSM

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya