Comscore Tracker

FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India, Berefek ke PSM Makassar di AFC

Pemenang Zona ASEAN langsung melaju ke semifinal

Makassar, IDN Times - Konstelasi persaingan menuju babak puncak AFC Cup 2022 berubah drastis pada Selasa pagi (16/8/2022). Ini terjadi lantaran FIFA resmi menjatuhkan sanksi pembekuan segala aktivitas AIFF (All India Football Federation), PSSI-nya India, hingga batas waktu yang tak ditentukan.

"Biro Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera, karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga," demikian petikan pernyataan resminya.

Sanksi akibat campur tangan pihak luar juga pernah dialami PSSI pada tahun 2015. Ini adalah pelanggaran terhadap Statuta FIFA yang menyatakan asosiasi harus independen.

1. ATK Mohun Bagan kemungkinan besar akan didiskualifikasi dari AFC Cup 2022

FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India, Berefek ke PSM Makassar di AFCPara pemain ATK Mohun Bagan berselebrasi usai menjebol gawang Mohammedan Sporting dalam laga pramusim di Naihati Stadium, 6 Agustus 2022. (Instagram.com/atkmohunbaganfc)

Sanksi FIFA berimbas luas pada aktivitas sepak bola negeri berjuluk Anak Benua tersebut, termasuk ke level klub. Mereka yang sedang berlaga di level Asia otomatis akan langsung gugur.

Ini tentu saja jadi pil pahit bagi ATK Mohun Bagan, jawara Zona Asia Selatan AFC Cup. Meski sudah susah payah finis di puncak klasemen Grup D, mereka hampir pasti takkan bermain di babak play-off semifinal antar-zona (perempat final) melawan pemenang Zona ASEAN.

Hingga berita ini dibuat, induk sepak bola Asia belum mengumumkan hal tersebut secara resmi. Tapi, jika merunut histori kasus-kasus lampau, hal tersebut selalu terjadi.

2. Dua wakil ASEAN bisa langsung melaju ke semifinal tanpa susah payah

FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India, Berefek ke PSM Makassar di AFCSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Jika ATK Mohun Bagan didiskualifikasi, maka ini menguntungkan PSM Makassar dan Kuala Lumpur City FC. Siapa pun yang menang akan langsung melaju tanpa keringat ekstra ke final antar-zona, yang setara dengan semifinal.

Sebab harusnya, berdasarkan skema dalam situasi normal, ATK Mohun Bagan (juara Zona Asia Selatan) harus berjibaku kontra juara Zona ASEAN untuk amankan satu tempat di babak pamungkas duel antar-zona Asia Timur.

Siapa pun pemenang final Zona ASEAN, jalan mereka menuju partai puncak melawan wakil Asia Barat akan semakin lapang.

3. PSM akan kembali berjumpa Kuala Lumpur City FC pada 24 Agustus mendatang

FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India, Berefek ke PSM Makassar di AFCSkuat PSM Makassar berpose jelang laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, 27 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Diskualifikasi ATK Mohun Bagan akan menjadi durian runtuh bagi PSM Makassar dan Kuala Lumpur City FC. Sebab salah satu dari mereka akan mencatat sejarah lolos ke semifinal AFC Cup untuk kali pertama sepanjang keikutsertaan mereka.

Terakhir kali klub Indonesia yang melakukannya adalah Persipura Jayapura di edisi 2014. Sedang wakil Malaysia terakhir yang menembus semifinal adalah Johor Darul Ta'zim pada 2016. Saat itu, Mutiara Hitam serta The Southern Tigers masih jalani format lama AFC Cup.

Laga final Zona ASEAN AFC Cup antara Kuala Lumpur City FC melawan PSM Makassar berlangsung di Stadion KLFA Cheras, pada Rabu pekan depan (24/8/2022).

Baca Juga: 2 Kartu Merah PSM di AFC Cup, Tavares Sebut karena Dampak Wasit Liga 1

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya