Dzaky Asraf dan Victor Dethan Wakili PSM di Timnas U-23

Dua winger muda Juku Eja kembali dipanggil Shin Tae-yong

Makassar, IDN Times - Selain tiga pemain ke Tim Nasional senior, dua pemain PSM Makassar turut dipanggil ke Timnas U-23. Pemanggilan diumumkan pelatih Shin Tae-yong, Selasa (29/8/2023).

Duo winger, Dzaky Asraf dan Victor Dethan bakal bergabung dengan skuad beranggotakan pemain yang dipanggil untuk menghadapi fase kualifikasi Piala Asia U-23.

Baca Juga: Uji Coba Lawan Turkmenistan, Shin Tae-yong Panggil 3 Pemain PSM

1. Dzaky Asraf baru tampil sebanyak 9 kali untuk PSM musim ini

Dzaky Asraf dan Victor Dethan Wakili PSM di Timnas U-23Aksi Dzaky Asraf (kiri) dalam laga uji coba Indonesia U-20 versus Prancis U-20 yang berlangsung di Pinatar Arena Football Center, Spanyol, 17 November 2022. (Instagram.com/pssi)

Ini jadi pemanggilan kelima Dzaky Asraf, termasuk jelang AFF Cup U-23 Thailand yang baru saja selesai. Shin Tae-yong memang langsung kepincut dengan penampilan anak muda 20 tahun tersebut setelah tampil di ajang Elite Pro Academy (EPA) U-18 musim 2021.

Anak muda kelahiran Polewali Mandar itu sudah tampil sebanyak 9 kali di semua ajang bersama PSM Makassar. Meski begitu, Dzaky baru kembali dipercaya tampil sejak menit pertama pada lima pertandingan terakhir. Termasuk dalam laga play-off AFC Cup 2023-24 kontra Yangon United pada Rabu pekan lalu (23/8/2023).

2. Victor Dethan resmi naik level dari Timnas U-20 ke U-23

Dzaky Asraf dan Victor Dethan Wakili PSM di Timnas U-23Victor Dethan dalam sesi latihan Timnas Indonesia U-20 di Stadion PTIK Jakarta Selatan, 20 Maret 2023. (Dok. PSSI.org)

Sementara itu, Victor Dethan terus menikmati naik jenjang Timnas kelompok umur. Winger blasteran Indonesia-Kanada tersebut sebelumnya pernah dipanggil untuk pemusatan latihan Timnas U-16 asuhan Bima Sakti dan Timnas U-20. Alhasil, ini jadi kali pertamanya memperkuat level U-23.

Performa anak muda 19 tahun tersebut bersama Pasukan Ramang musim ini juga masih moncer. Di ajang BRI Liga 1 2023-24, Victor sudah menyumbang satu gol dan satu asis dari 8 pertandingan yang ia mainkan.

3. Shin Tae-yong dibebankan target lolos ke putaran final Piala Asia U-23

Dzaky Asraf dan Victor Dethan Wakili PSM di Timnas U-23Pelatih Timnas Indonesia U-23 dan Senior, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI.org)

Garuda Muda sendiri ditargetkan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 yang berlangsung di Qatar tahun depan. Alhasil, Shin Tae-yong turut memanggil seluruh pemain di luar negeri. Sebut saja Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Rafael Struick (ADO Den Haag), Elkan Baggott (Ipswich Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze) dan Ivar Jenner (FC Utrecht).

Timnas U-23 sendiri menjadi tuan rumah Grup K babak kualifikasi, dengan Stadion Manahan Solo menjadi venue seluruh pertandingan. Indonesia akan menantang Cina Taipei pada 9 September, kemudian melawan Turkmenistan di tanggal 12 September.

Baca Juga: Kabar Mantan Bek PSM Steven Paulle, Jadi Pelatih di Klub Prancis

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya