Bernardo Tavares Absen Dampingi PSM Lawan PSIS

Pelatih PSM dapat hukuman karena akumulasi kartu kuning

Makassar, IDN Times - Bernardo Tavares dipastikan takkan mendampingi PSM Makassar di bench dalam laga pekan ke-33 kontra PSIS Semarang, Kamis besok (6/4/2023). Pasalnya, ia jalani hukuman akumulasi kartu kuning alias hanya menyaksikan pertandingan dari bangku penonton.

Kartu kuning diterimanya pada duel kontra Madura United, Jumat pekan lalu (31/3/2023). Saat itu, Tavares mendapat kartu kuning dari wasit Thoriq Alkatiri lantaran dianggap melakukan protes yang berlebihan. Tavares mengaku tak habis pikir dengan hukuman ini.

Baca Juga: Sejak Awal Musim, Yuran Fernandes Sudah Berfirasat PSM Juara

1. Tavares tetap komplain kinerja wasit meski sudah mengunci gelar juara Liga 1

Bernardo Tavares Absen Dampingi PSM Lawan PSISPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, merayakan gelar juara selepas laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022-23 kontra Madura United pada 31 Maret 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

"Hari ini sangat banyak kesalahan yang dilakukan oleh wasit. Kita memang juara, tapi kita tetap harus komplain. Untuk pertama kalinya saya mengalami hal seperti ini sepanjang berkarier sebagai pelatih. Benar-benar tidak bisa dipercaya," ujarnya selepas laga kontra Laskar Sape Kerrab usai.

"Saya mendapat empat kartu kuning, padahal saya tidak mengatakan apa-apa. Padahal jika kinerja pelatih buruk, mereka keluar dari klub. Jika kinerja pemain buruk, mereka juga keluar," imbuh Tavares.

2. Tavares sebelumnya absen di laga pekan ke-14 kontra Persita juga karena akumulasi

Bernardo Tavares Absen Dampingi PSM Lawan PSISPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Ini akan menjadi kali kedua Tavares hanya bisa menonton Wiljan Pluim dkk berlaga. Sebelumnya, ia mengalami hal yang sama di laga pekan ke-14 kontra Persita Tangerang pada 8 Desember 2022 lalu.

Sosok yang mengganti peran Tavares dalam duel tersebut adalah duo asisten pelatih Ahmad Amiruddin dan Paulo Duarte. Beruntung, Juku Eja saat itu berhasil menekuk Pendekar Cisadane dengan skor 3-1 dalam laga yang berlangsung tanpa penonton di Stadion Sultan Agung Bantul tersebut.

3. Bek Safrudin Tahar juga dipastikan absen dari duel kontra Laskar Mahesa Jenar

Bernardo Tavares Absen Dampingi PSM Lawan PSISBek PSM Makassar, Safrudin Tahar, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Januari 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Selain Tavares, bek tengah Safrudin Tahar juga akan absen dalam laga ini karena akumulasi kartu kuning. Kemungkinan besar Agung Mannan akan didapuk sebagai penggantinya. Agung juga dalam kondisi prima sebab dicadangkan pada laga pekan sebelumnya.

PSM Makassar sudah mengunci gelar juara BRI Liga 1 2022-23, setelah tak mungkin lagi terkejar oleh pesaing terdekatnya yakni Persib Bandung. Meski begitu, agenda terdekat mereka adalah play-off perebutan tiket ke AFC Champions League melawan Bali United sang juara musim lalu.

Baca Juga: Curhat Kenzo Nambu usai Antar PSM Juara Liga 1: Gelar Pertama Saya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya