Beda Nasib Dua Winger PSM di Seleksi Timnas Indonesia U-23

Dzaky Asraf masuk skuat utama, Victor Dethan dipulangkan

Makassar, IDN Times - Shin Tae-yong mengumumkan nama-nama pengisi skuat Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23. Empat pemain terpaksa harus dicoret lantaran regulasi dari AFC mewajibkan masing-masing tim hanya mendaftarkan 23 pemain.

Daftar tersebut diumumkan pada Sabtu sore (9/9/2023), atau hanya beberapa jam sebelum Garuda Muda menjajal China Taipei (Taiwan) di Stadion Manahan Solo. Matchday kedua Grup K tersebut berakhir dengan skor telak 9-0 untuk Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

1. Dzaky Asraf kembali dipilih oleh Shin Tae-yong untuk mengisi satu pos di Timnas U-23

Beda Nasib Dua Winger PSM di Seleksi Timnas Indonesia U-23Pemain PSM Makassar, Dzaky Asraf, dalam sesi latihan di Indomilk Arena Tangerang pada September 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Dalam daftar 23 nama final tersebut, terselip nama winger PSM Makassar yakni Dzaky Asraf. Padahal, ia baru saja masuk dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) untuk laga uji coba Timnas Indonesia Senior versus Turkmenistan, Jumat lalu (8/9/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Kualifikasi Piala Asia U-23 menjadi ajang resmi kedua yang dijalani oleh pemain 19 tahun tersebut. Sebelumnya, jebolan Akademi PSM tersebut sudah pernah masuk dalam skuat Timnas U-20 untuk Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan, Maret 2023 silam.

2. Victor Dethan kembali gigit jari sekaligus menahan niatan memperkuat Timnas kelompok umur

Beda Nasib Dua Winger PSM di Seleksi Timnas Indonesia U-23Penyerang PSM Makassar, Victor Dethan, dalam salah satu sesi latihan. (Instagram.com/psm_makassar)

Di antara empat nama yang harus dicoret oleh Shin Tae-yong, terdapat winger Pasukan Ramang lainnya yakni Victor Dethan. Lagi-lagi, ia harus mengurungkan niat tampil di Timnas kelompok umur. Beberapa bulan lalu, Victor juga harus gigit jari lantaran FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Meski begitu, peluangnya masih terbuka jika dipanggil untuk seleksi Timnas U-24 asuhan Indra Sjafri untuk ajang Asian Games 2022 di Hangzhou. Lebih jauh, tiga pemain lain yang dipulangkan dari pemusatan latihan Garuda Muda adalah Beckham Putra (Persib Bandung), Taufany Muslihuddin (Borneo FC) serta Akbar Arjunsyah (Persija).

Baca Juga: Nganggur di PSM, Kike Linares Tetap Dipanggil ke Timnas Filipina

3. Kans Garuda Muda mentas di Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya terbuka lebar

Beda Nasib Dua Winger PSM di Seleksi Timnas Indonesia U-23Pesepakbola Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (kanan) berselebrasi bersama Pratama Arhan (kiri) usai berhasil mencetak gol ke gawang Chinese Taipei pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/Spt.

Timnas U-23 sendiri diberi target untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 yang berlangsung di Qatar pada April-Mei 2024. Sang pelatih kepala, Shin Tae-yong, juga yakin dengan kans Garuda Muda bisa mentas dalam ajang tersebut untuk kali pertama, sejak digulirkan pada tahun 2013.

Saat ini, Indonesia U-23 menduduki klasemen sementara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 berkat kemenangan 9-0 atas China Taipei. Status juara grup akan ditentukan lewat duel pamungkas melawan Turkmenistan U-23 yang berlangsung Selasa mendatang (12/9/2023).

Baca Juga: Agenda PSM Saat Jeda Internasional: Libur, Lalu Tancap Gas lagi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya