Comscore Tracker

Asnawi Mangkualam Direkrut Klub Korea? PSM Makassar: Masih Rumor

Durasi kontrak bek kiri lincah tersebut hingga tahun 2021

Makassar, IDN Times - Kabar bahwa salah satu penggawa PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, direkrut oleh salah satu klub Liga 2 Korea Selatan (Korsel) Ansan Greeners FC santer berhembus sejak hari Kamis, 21 Januari kemarin.

"Pada tanggal 19 (Januari 2021) kami putuskan untuk mengontrak bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Jangka waktu kontrak satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun," ujar kepala tim Ansan Greeners FC, Joo Chan-yong, seperti dikutip dari KBS News.

Pada artikel yang sama, transfer Asnawi disebut terjadi atas rekomendasi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kepada manajer Ansan, Kim Gil-sik.

1. Pihak manajemen PSM Makassar menyebut kabar kepindahan Asnawi Mangkualam ke salah satu klub Korsel sebagai rumor belaka

Asnawi Mangkualam Direkrut Klub Korea? PSM Makassar: Masih RumorPemainPSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) didampingi sang ibu Fatmawati Bahar (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Dihubungi oleh IDN Times, pihak manajemen PSM Makassar menyebut kabar kepindahan pemuda 21 tahun tersebut ke Negeri Ginseng hanyalah kabar angin.

"Masih sebatas rumor. Bukan informasi resmi. Setelah kami telusuri, rumor ini berkembang pertama kali lewat media online di Korea Selatan. Jadi sejauh ini kami belum bisa memberi konfirmasi apa-apa," ujar Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, pada Jumat (22/1/2021) sore.

Asnawi sendiri diketahui masih terikat kontrak berdurasi tiga tahun yang sudah ia teken pada Desember 2018 lalu.

2. Meski begitu, kabar pemain asli binaan PSM yang dilirik klub luar negeri dianggap sebagai hal positif

Asnawi Mangkualam Direkrut Klub Korea? PSM Makassar: Masih RumorPesepak bola PSM Makassar Asnawi Mangkualam (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Shan United Tagoe Daniel (kiri) dalam pertandingan lanjutan fase Grup H Piala AFC di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kendati demikian, rumor pemain muda binaan PSM sedang dijajaki atau dikait-kaitkan dengan klub luar negeri dianggap sebagai sesuatu yang bagus. Artinya, kualitas penggawa hasil akademi sudah diakui secara luas.

"Kalau ada peluang untuk pengembangan karir pemain, ya itu bagus untuk pemain. PSM sendiri mendukung perkembangan pemain muda yang berkarier terutama untuk bermain di luar negeri. Apalagi dengan kondisi sepak bola dalam negeri yang belum pasti," pungkas pria yang biasa disapa Sule tersebut.

Baca Juga: Konsisten dan Memikat, Ini Raihan Asnawi Bahar Sepanjang Musim 2019

3. Kabar terbaru, akun Instagram Ansan Greeners FC mengunggah foto bendera Indonesia

Asnawi Mangkualam Direkrut Klub Korea? PSM Makassar: Masih RumorTangkapan layar unggahan bendera Indonesia di akun Instagram resmi klub K League 2, Ansan Greeners FC. (Instagram.com/ansan_greeners_fc)

Asnawi Mangkualam adalah putra legenda PSM, Bahar Muharram. Asnawi menjadi bagian dari Pasukan Ramang sejak musim 2017. Tercatat ia sudah tampil sebanyak 59 kali di seluruh ajang yang diikuti PSM. Sepasang gol dan tiga asis turut lahir dari kakinya.

Sementara itu, pihak Ansan Greeners FC mengunggah foto bendera Indonesia di akun Instagram resmi mereka, @ansan_greeners_fc, pada Jumat (22/1/2021) sore. Unggahan tersebut disertai dengan keterangan kalimat "Selamat Datang! We go together Ansan 2021."

Baca Juga: [BREAKING] Asnawi Mangkualam Direkrut Klub Korea Selatan

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya