Antarlini PSM Makassar Vs Dewa United, Duel Para Penyerang Timnas

Siapa jadi penentu hasil akhir duel di Parepare?

Makassar, IDN Times - Pekan ke-27 BRI Liga 1 2022-23 akan mempertemukan PSM Makassar dan tim promosi Dewa United pada Rabu besok (1/3/2023). Berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, kedua kubu kompak mengusung misi menang.

Juku Eja, si pemuncak klasemen sementara, akan tampil maksimal di rumah sendiri demi lanjutkan tren sapu bersih yang sudah berjalan enam pertandingan. Sedangkan Dewa United, yang saat ini berada di posisi ke-14, ingin menebus hasil buruk pekan lalu yakni kekalahan 1-2 dari Bali United.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times menyajikan para sosok sentral di masing-masing kubu. Mereka akan menjadi penentu hasil akhir pertandingan tersebut.

Catatan: Statistik berdasarkan penampilan di Liga 1.

1. Kiper : Reza Arya Pratama - Muhammad Natshir

Antarlini PSM Makassar Vs Dewa United, Duel Para Penyerang TimnasKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama - Kiper Dewa United, Muhammad Natshir (Kolase Berbagai Sumber)

Reza Arya Pratama : 26 main, 20 kebobolan

Di balik kemenangan 0-1 atas Persebaya Surabaya pekan lalu, Reza Arya catatkan 10 kali nirbobol alias paling banyak di antara kiper-kiper Liga 1. Di sisi lain, ini tak lepas dari penampilan para bek yang tampil solid pada setiap laga. Tapi, partai kontra Dewa United akan menjadi ujian lain lantaran sang tamu punya winger-winger lincah.

Muhammad Natshir : 22 main, 35 kebobolan

Sosok yang biasa disapa Deden tersebut sudah melakukan 69 penyelamatan dari 22 pertandingan (3,14 per laga). Hanya terpaut satu angka dari Reza Arya (68 saves dari 22 laga). Sosok senior tersebut ternyata masih bisa bersaing dengan kiper-kiper muda yang sedang melejit di klub masing-masing. Parepare akan menjadi panggung pembuktiannya.

2. Belakang : Erwin Gutawa - Brian Fatari

Antarlini PSM Makassar Vs Dewa United, Duel Para Penyerang TimnasBek PSM Makassar, Erwin Gutawa - Bek Dewa United, Brian Fatari (Kolase Berbagai Sumber)

Erwin Gutawa : 14 kali main, 1 asis

Bek kelahiran Bone ini tampil apik saat mengganti Safrudin Tahar pada empat laga terakhir. Ia memang masih ekspresif, tapi "Sergio Maros" bermain solid. Erwin mampu "mengantongi" Gustavo Tocantins, Marc Klok, David da Silva, dan terakhir Sho Yamamoto. Bukan tak mungkin ia kembali mencari lawan baru di laga ini.

Brian Fatari : 9 kali main

Bek tengah yang didatangkan dari Persipura di bursa transfer tengah musim tersebut ternyata langsung nyetel dengan skema racikan Jan Olde Riekenkirk. Dengan usia masih 23 tahun, Brian selalu dipasang sebagai starter sejak putaran kedua dimulai. Total ia sudah melakukan 9 tekel, 35 intersep dan 10 clearances.

3. Tengah : Wiljan Pluim - Majed Osman

Antarlini PSM Makassar Vs Dewa United, Duel Para Penyerang TimnasGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim - Gelandang Dewa United, Majed Osman (Kolase Berbagai Sumber)

Wiljan Pluim : 19 kali main, 6 gol, 6 asis

Dengan permainan PSM yang lebih direct, Pluim justru bisa berfokus mencetak gol di gawang lawan. Hingga pekan ke-27, ia sudah enam kali menjebol gawang lawan, hampir menyamai catatan golnya musim lalu yakni 7 kali. Karena strategi ini, Willy --sapaan akrabnya-- pun cuma tempati urutan keenam operan terbanyak di timnya.

Majed Osman : 24 kali main, 5 gol, 3 asis

Ini dia motor serangan Dewa United. Gelandang serang berpaspor Lebanon ini sudah melepas 755 operan sukses (34,44 per laga) dan 50 tembakan. Tak lupa, Majed juga punya daya jelajah tinggi dengan catatan 19 tekel, 18 intersep dan sekali clearance. Jebolan akademi Brentford ini bisa memberi ujian untuk lini belakang PSM.

4. Depan : Yakob Sayuri - Egy Maulana Vikri

Antarlini PSM Makassar Vs Dewa United, Duel Para Penyerang TimnasPenyerang PSM Makassar, Yakob Sayuri - Penyerang Dewa United, Egy Maulana Vikri (Kolase Berbagai Sumber)

Yakob Sayuri : 17 kali main, 6 gol, 6 asis

Ini dia salah satu kunci agresivitas Pasukan Ramang sekarang. Yakob bisa ditempatkan di sayap kanan atau kiri, dan ia bisa melakukan tugasnya dengan fasih. Mulai dari mengirim crossing, umpan tarik hingga menusuk langsung hingga kotak penalti lawan. Total ia sudah melepas 44 tembakan, 19 diantaranya mengarah ke gawang.

Egy Maulana Vikri : 5 kali main, 1 gol, 2 asis

Jadi "anak baru" setelah singgah dari perantauan di Eropa, Egy Maulana Vikri langsung jadi andalan Tangsel Warriors. Meski performa timnya belum konsisten, Egy bisa jadi tandem Karim Rossi si ujung tombak. Dari lima penampilannya sejauh ini, ia sudah menciptakan sepasang asis dan satu gol.

Siapa yang akan jadi penentu hasil akhir pertandingan ini? Saksikan duel PSM Makassar versus Dewa United pada Rabu besok (1/3/2023), pukul 16.00 WITA.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya