AFC Cup: PSM Didera Masalah Kelelahan Jelang Lawan Hai Phong FC

Juku Eja baru tiba di Kota Hai Phong sehari sebelum laga

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, cukup pusing jelang laga pertama AFC Cup 2023-24 kontra Hai Phong FC. Bagaimana tidak, ia dan timnya baru tiba di homebase sang lawan setelah lalui perjalanan sekitar 15 jam.

Tiba di Ho Chi Minh City via Jakarta pada Selasa malam (19/9/2023), mereka beristirahat dahulu sebelum melanjutkan penerbangan ke utara menuju Kota Hai Phong, Rabu pagi tadi (20/9/2023). Tanpa waktu istirahat yang banyak, praktis skuat Juku Eja didera kelelahan akut.

1. Bernardo Tavares sangat khawatir dengan kondisi kebugraran anak asuhnya

AFC Cup: PSM Didera Masalah Kelelahan Jelang Lawan Hai Phong FCPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu malam (20/9/2023), coach Tavares mengaku masih kurang tidur. Tapi, ia begitu khawatir dengan kebugaran anak asuhnya yang terkuras habis. Terlebih laga pertama selalu penting sebagai modal mengawali perjuangan di suatu ajang.

"Sebenarnya kita butuh banyak waktu persiapan sebelum datang ke sini. Karena jika saya merasa lelah tapi tidak bermain besok, bayangkan apa yang dirasakan oleh para pemain. Jadi saya harap tim kami bisa merencanakan perjalanan ke luar negeri lebih baik ke depannya," ujar Tavares.

2. Dengan persiapan tidak ideal, Juku Eja ingin tetap tampil maksimal di laga pembuka

AFC Cup: PSM Didera Masalah Kelelahan Jelang Lawan Hai Phong FCPesepak bola PSM Makassar Muhammad Rizky Pratama (kanan) dihadang pesepak bola tim asal Myanmar Yangon United Zar Ni Htet (kiri) saat pertandingan babak playoff AFC Cup 2023?di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (23/8/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Lebih jauh, Tavares mengakui persiapan anak asuhnya sama sekali tidak ideal. Mereka hanya berlatih dua hari di Stadion Kalegowa Pallangga, sebelum terbang menuju Negeri Paman Ho. Praktis, Pasukan Ramang cuma punya sesi latihan resmi di Lach Tray Stadium pada Rabu malam ini (20/9/2023) untuk pemantapan taktik.

"Yang kemarin kita itu sama sekali bukan persiapan, tapi hanya perjalanan. Tapi besok kita akan mencoba bertanding dengan semaksimal mungkin, meski kondisinya seperti ini. Sekali lagi, semoga hal seperti ini tidak terulang lagi," jelas pelatih berpaspor Portugal tersebut.

Baca Juga: Jadwal PSM Makassar Diubah PT LIB, Sesuaikan dengan Agenda AFC Cup

3. Rasyid Bakri sudah mengantongi beberapa nama pemain lawan yang harus diwaspadai

AFC Cup: PSM Didera Masalah Kelelahan Jelang Lawan Hai Phong FCGelandang PSM Makassar Rasyid Bakri sedang berbicara dalam sesi jumpa pers virtual pra-pertandingan pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/22, Kamis 24 Maret 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Dalam kesempatan yang sama, gelandang veteran Rasyid Bakri mengaku sudah mempelajari permainan Hai Phong FC. Pemilik nomor punggung 17 tersebut mengaku mewaspadai empat pemain lawan.

"Bagi saya pribadi ada striker nomor 10 (Yuri Mamute), ada nomor 9 (Lucao do Break) serta bek tengah yang nomor 4 (Benjamin Van Meurs). Kemudian ada juga gelandang nomor 6 (Martin Lo), penampilannya bagus sekali," jelas Rasyid.

Akankah Juku Eja bisa membawa pulang hasil maksimal meski didera kekelahan? Saksikan laga matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 antara Hai Phong FC versus PSM Makassar, Kamis besok (21/9/2023) pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Catatan Pertemuan PSM Makassar Melawan Tim Vietnam di Turnamen Asia

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya