Comscore Tracker

Sulsel-Sulteng Intip Peluang Jadi Tuan Rumah PON 2028

Sulteng sempat jajaki kemungkinan dengan Gorontalo

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) rupanya mengintip pelaung jadi tuan rumah bersama ajang multievent Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII tahun 2028.

Ini dikemukakan oleh Pelaksana tugas (Plt.) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, ketika menerima kunjungan Gubenur Sulteng Rusdy Mastura di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat pagi (21/1/2022).

"Ini penjajakan untuk menjadi tuan rumah bersama. Kita akan menindaklanjuti secara teknis melalui Dispora ataupun KONI masing-masing," ungkapnya seperti dilansir ANTARA.

1. Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengacu pada PON 2024

Sulsel-Sulteng Intip Peluang Jadi Tuan Rumah PON 2028Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura/IDN Times/Kristina Natalia

Lebih jauh, Andi Sudirman mengatakan bahwa pertemuannya dengan Rusdy jadi awal dari serangkaian rencana strategis yang bakal disusun Sulsel dan Sulteng.

Di sisi lain, acuan pencalonan kedua provinsi tersebut adalah PON 2024. Untuk edisi ke-21, ajang empat tahunan itu bakal berlangsung di Aceh serta Sumatera Utara.

"Jadi begitupun keinginan kita dan Sulsel untuk menjadi tuan rumah bersama," karta Rusdy.

2. Sulsel disebut punya modal historis

Sulsel-Sulteng Intip Peluang Jadi Tuan Rumah PON 2028Pelari Sumatra Utara, Welman D Pasaribu (322) saat lomba lari marathon 42 km PON XX Papua di Area Kuala Kencana Mimika, Sabtu (9/10/2021). (Dok.PB PON XX PAPUA/Ady Sesotya).

Lebih jauh, Pemprov Sulteng menyebut sejarah jadi modal awal mereka menggandeng Sulsel. Makassar sendiri pernah mendapat kehormatan jadi tuan rumah PON IV di tahun 1957.

"Makanya kami ingin kembalikan ke Sulsel dan Sulteng bisa ikut sebagai tuan rumah bersama," tutur Rusdy.

"Jadi dalam pertemuan hari ini fokus dalam penguatan komitmen bersama untuk mewujudkan rencana tuan rumah bersama PON 2028," sambungnya.

Baca Juga: Atlet Sulsel Peraih Emas PON Bisa ke Pelatnas SEA Games

3. Sulteng sempat jajaki kemungkinan jadi tuan rumah bersama Gorontalo

Sulsel-Sulteng Intip Peluang Jadi Tuan Rumah PON 2028Workshop bersama KONI Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah untuk membahas potensi jadi tuan rumah bersama PON 2028 di Palu, 11 Januari 2022. (Dok. Humas DPRD Provinsi Gorontalo)

Langkah Sulteng bisa disebut mengejutkan. Pasalnya pada akhir November 2021, mereka sudah lebuh dulu meneken deklarasi pencalonan sebagai tuan rumah bersama Gorontalo. Yang terbaru, KONI Sulteng-Gorontalo menggelar lokakarya di Palu, 11 Januari silam, sebagai bentuk keseriusan.

Pertemuan Gubernur Rusdy Mastura dengan Andi Sudirman hari ini menyiratkan ke publik bahwa "arah koalisi" berubah.

Persaingan menjadi tuan rumah PON 2028 sudah berlangsung sejak tahun 2020 silam. Beberapa yang sudah terang-terangan siap calonkan diri antara lain Lampung, Kalimantan Selatan, DI Yogyakarta-Jawa Tengah, Sulawesi Utara serta Nusa Tenggara Barat (NTB)-Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Atlet Sulsel Peraih Medali PON XX Papua Terima Bonus Dua Kali Lipat

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya