Trio Karateka Sulsel Turut Sumbang Emas SEA Games untuk Indonesia

Emas disumbangkan lewat nomor kata beregu putra

Makassar, IDN Times - Atlet Sulawesi Selatan kembali mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games Vietnam 2021. Kali ini emas diraih lewat cabang olahraga karate.

Medali emas disumbangkan trio karateka Sulsel, yakni Albiadi, Andi Tomy Aditya Mardana, dan Andi Dasril Dwi Dharmawan. Mereka jadi yang terbaik di nomor kata beregu putra.

Baca Juga: Karate, Sepak takraw, dan Judo Kompak Sumbang Emas di SEA Games 2021

1. Trio Sulsel kalahkan wakil Thailand di final

Trio Karateka Sulsel Turut Sumbang Emas SEA Games untuk IndonesiaTrio karateka Sulsel meraih medali emas di SEA Games Vietnam. (Dok. Istimewa)

Tim Indonesia meraih emas setelah mengumpulkan nilai tertinggi di partai final, yakni 25,08 poin. Mereka unggul atas wakil Thailand, yang meraih medali perak dengan mengumpulkan 23,26 poin. 

Tuan rumah Vietnam harus puas dengan medali perunggu, bersama semifinalis lainnya, Malaysia. 

"Alhamdulillah, kata beregu putra melengkapi koleksi medali emas tim Indonesia yang dipersembahkan oleh putra terbaik Sulsel," kata Andi Arwin Azis, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Sabtu (21/5/2022).

2. Krisda Putri sumbang perunggu

Trio Karateka Sulsel Turut Sumbang Emas SEA Games untuk IndonesiaKarateka putri Sulawesi Selatan Krisda Putri Aprilia memperagakan jurus dalam FInal Karate Nomor Kata Perorangan Putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/

Sebelumnya, atlet karate andalan Sulsel lainnya yakni Krisda Putri Aprilia memperoleh meraih perunggu. Dia turun pada nomor kata perorangan putri.

Diketahui, Krisda merupakan salah satu jagoan Indonesia yang digadang-gadang bisa menyabet emas.

Menurut Arwin, potensi Krisda masih sangat besar, mengingat usianya yang masih sangat muda.

"Kita masih sangat berharap performa krisda lebih baik lagi di event-event berikutnya. Kita masih menggantungkan harapan agar bisa menunjukkan performa terbaiknya dan menjadi yang terbaik," kata Arwin.

3. Wakil-wakil Sulsel peraih emas

Trio Karateka Sulsel Turut Sumbang Emas SEA Games untuk IndonesiaPartai Final Sepak Takraw Putra Double antara Sulawesi Selatan melawan Jawa Timur di GOR Trikora UNCEN Jayapura. Rabu, (29/09/2021). Dok. PB PON XX PAPUA/Ardy Alvez

Di SEA Games Vietnam, sejumlah atlet asal Sulsel turun mewakili Indonesia dan dijagokan meraih medali. Beberapa di antaranya bahkan sudah mempersembahkan emas.

Duo atlet sepak takraw Sulsel, yakni Muhammad Herdiansyah Muliang dan Rusdi dulu mempersembahkan emas. Mereka mewakili Indonesia di nomor double putra. Lalu ada atlet dayung Anwar Tarra menyumbang tiga emas.

Atlet angkat besi Rahmat Erwin Abdullah juga berpeluang menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Baca Juga: Duo Sulsel Sumbang Medali Emas Takraw untuk Indonesia di SEA Games

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya