Comscore Tracker

SSI Helat Auto Slalom 2022 di Bantimurung, Ada Kelas U-23

Panitia membuka 14 kelas untuk pembalap

Makassar, IDN Times - Asosiasi otomotif pemegang lisensi event berskala nasional, Sonicspeed Indonesia (SSI) menggelar kejuaraan 'Auto Slalom 2022'. Kejuaraan itu area parkir kawasan wisata Bantimurung, Kabupaten Maros, Sabtu dan Minggu, 4-5 Juni 2022.

SSI merupakan organisasi yang mewadahi pecinta otomotif roda empat, dan salah satu anggota Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan. Kejuaraan Slalom jadi salah satu rangkaian event wisata akbar Bantimurung Keren.

Ketua Harian SSI Wawan Wirawan mengatakan, hingga Kamis siang (2/6/2022), sudah ada sekitar 60 peserta yang mendaftar. Panitia membuka pendaftaran untuk 14 kelas yang dilombakan.

"Rencana kami batasi peserta 100 starter. Pesertanya ada dari beberapa kota di Sulawesi, ada juga dari Kalimantan Timur, Baubau, dan kendari," kata Wawan lewat siaran persnya, Jumat (3/5/2022).

Baca Juga: Panduan Liburan ke Istana Kupu-Kupu dan Air Terjun Bantimurung Maros

1. Panitia buka kelas U-23 untuk penjaringan pembalap nasional

SSI Helat Auto Slalom 2022 di Bantimurung, Ada Kelas U-23Ketua Umum Sonicspeed Indonesia Kurniati Amir (tengah). (Dok. Sonicspeed Indonesia)

Ketua Umum SSI Hj. Kurniati Amir mengatakan, ada yang baru di Sulsel pada kejuaraan Auto Slalom 2022 kali ini. Sebab panitia membuka kelas khusus bagi peserta di bawah usia 23 tahun. Sejauh ini sudah ada 17 peserta, dan beberapa di antaranya pembalap wanita.

Kurni mengatakan, kelas U-23 dibuka sebagai upaya regerenasi pembalap slalom di Sulsel. Kelas serupa juga mulai marak dipertandingkan di skala nasional. Diharapkan, di antara peserta nantinya ada yang bersaing untuk mewakili Sulsel.

"Sedang digocek bagaimana nanti slalom dipertandingkan di PON. Melalui kompetisi lokal, kita berharap bisa melahirkan pembalap yang bisa mewakili daerah di nasional," kata Kurni.

2. Menandai kebangkitan event otomotif

SSI Helat Auto Slalom 2022 di Bantimurung, Ada Kelas U-23Unsplash/Arthur Poulin

Kurni menganggap kejuaran Auto Slalom 2022 menjadi penanda bangkitnya event otomotif di Sulsel. Sebab selama pandemik COVID-19, kejuaraan-kejuaraan serupa otomatis tiarap.

Tahun ini SSI mengagendakan empat seri Auto Slalom 2022. Setelah di Bantimurung, event berikutnya diagendakan di Bone, Makassar, dan Bantaeng. Kurni mengakui menggelar kejuaran setelah pandemik tidaklah mudah, terutama soal perizinan.

"Namun, berkat kerja keras seluruh pengurus dan panitia, akhirnya dapat segera terlaksana, ujarnya.

3. Bagian dari event Bantimurung Keren

SSI Helat Auto Slalom 2022 di Bantimurung, Ada Kelas U-23Poster kegiatan Auto Slalom 2022. Dok. Istimewa

Kejuaraan slalom menjadi salah satu rangkaian kegiatan event wisata Bantimurung Keren, yang digelar pada 3-5 Juni 2022. Selama event, pengunjung kawasan wisata alam itu akan dihibur penampilan sejumlah artis dan band nasional, seperti Kotak, NTRL, Ipang, dan Souljah.

Selain slalom, panitia Bantimurung Keren antara lain menggelar camp karnaval, vaksinasi massal dan pelayanan SIM, pasar umum dan donor darah, freestyle dan photo contest, hingga night run.

"Dan lain-lain. Juga menghadirkan banyak keseruan. Terkhusus ada kejuaraan Auto Slalom yang banyak diminati para pecinta otomotif,” kata Ketua Panitia Event Bantimurung Keren, Affandi Ibrahim

Baca Juga: Jelajahi 7 Objek Wisata di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya