Comscore Tracker

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON Papua

Karate menyumbangkan tiga medali emas

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan membawa pulang sebelas medali emas dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Plus capaian 13 perak dan perunggu, Sulsel menempati urutan sebelas klasemen akhir perolehan medali.

Cabang olahraga karate menyumbang tiga medali emas atau yang terbanyak untuk Sulsel. Tim karate juga mengumpulkan dua perak dan satu perunggu.

Dari cabor sepak takraw, Sulsel mendapatkan dua medali emas. Lalu masing-masing satu emas dari senam artistik, muaythai, renang artistik, angkat besi, biliar, dan kempo.

Berikut ini para peraih medali emas untuk Sulsel di PON Papua:

Baca Juga: Sulsel Kumpulkan Total Sebelas Medali Emas di PON Papua

1. Sri Eviyanti (muaythai)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaSri Evianti (tengah) dari Sulawesi Selatan peraih medali Emas cabor Muaythai kelas -45 KG Putri diapit pelatihnya di GOR STT GIDI Jayapura, Minggu (03/10/2021). PB PON XX PAPUA/Rahmat Takbir

Medali emas pertama Sulsel di PON Papua datang dari muaythai. Emas disumbangkan Sri Evianti di kelas -45 KG putri.

Pada partai final, Sri mengalahkan wakil Aceh, Irsalina. Sri menang dengan skor telak 5-0.

2. Muthia Nur Cahya (senam artistik)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaPesenam artistik putri Sulawesi Selatan Muthia Nur Cahya di PON XX Papua, Minggu (3/10/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Datang sebagai debutan berusia 19 tahun, Muthia Nur Cahya berhasil menyumbangkan emas untuk Sulsel. Emas didapatkan dari senam artistik nomor perorangan per alat - palang bertingkat (Uneven Bars/Kompetisi III) putri.

Muthia memang salah satu atlet unggulan untuk meraih medali. Dia berstatus peraih emas ASEAN School Games 2017 serta jadi salah satu atlet termuda Indonesia di Asian Games 2018.

3. Azisah, Nabila, Nurfa (renang artistik)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaPeraih Emas Cabang Olah Raga Renang Artistik dari Sulawesi Selatan (Azisah Mutiara, Nur Giswatama, Nabila Putri) di ajang Pekan Olah Raga Nasional XX Papua di Venue Aquatik Lukas Enembe Jayapura, Rabu, 6 Oktober 2021. PON XX PAPUA/Ronald Sandewa

Satu emas dari renang artistik diraih melalui nomor duet putri. Di nomor ini, Sulsel menurunkan kombinasi Mutiara Nur Azisah, Nabila Putri Giswatama, dan Nurfa Nurul Utami.

Mereka tampil menawan di partai final baik kategori technical maupun free routine, dengan meraih nilai tertinggi 71,52. Tim renang artistik dilatih eks perenang indah andalan Indonesia, Shelvi Melowa.

4. Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaLifter putra Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah mengangkat beban pada kelas 81 kg putra PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih Kota Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Rahmat Erwin Abdullah membela Sulsel dengan status peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo. PON Papua jadi debut baginya di turnamen antar provinsi tersebut.

Rahmat Erwin Abdullah berjaya dengan menjadi yang terbaik di angkat besi kelas 81 kg putra. Dia mencatatkan total angkatan 340 kg, meninggalkan pesaing terdekatnya yang cuma mengangkat beban 306 kg.

Baca Juga: Karateka Sulsel Peraih Emas PON: Orang Papua Ramah-ramah

5. Ismail Kadir (biliar)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaAtlet Biliar kontingen Sulawesi Selatan, Ismail Kadir saat menyodok bola pada final 15 Ball Double Putra melawan kontingen Jawa Tengah pada PON XX Papua 2021 di GOR Biliar Kabupaten Mimika, Papua. PB PON XX Papua/Budi Yanto

Ismail Kadir mendapatkan medali emas PON lewat nomor pertandingan 15 single. Dia mengalahkan pebiliar Jawa Tengah Rizka dengan skor telak 6-2.

Ismail menyebut nomor 15 single merupakan favoritnya. Emas dari Ismail jadi satu-satunya yang disumbangkan tim biliar untuk Sulsel.

6. Kusnelia dkk (takraw)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaFinal Sepak Takraw Putri Antara Tim Sulawesi Selatan melawan DKI Jakarta. PB PON XX PAPUA/Yustha Corithaca

Sulsel mengawinkan medali emas pada sepak takraw nomor kuadran putra dan kuadran putri. Di nomor kuadran putri, Sulsel menurunkan Kusnelia, Erika Vitria Lestari, dkk.

Tim putri Sulsel memastikan medali emas usai menang 2-1 atas DKI Jakarta. Sempat kalah 17-21 di set pertama, Sulsel kemudian membalikkan keadaan dengan skor 21-11 dan 21-14 di set kedua dan ketiga.

7. Hardiansyah dkk (takraw)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaTim Sulsel (kanan) mengalahkan Papua di pertandingan semi final sepak takraw kuadran putra PON Papua, Jumat (8/10/2021). Ciwa Abunawas untuk IDN Times

Di nomor kuadran putra, Sulsel menurunkan Muhammad Hardiansyah, Rusdi, dkk. Mereka meraih emas usai menaklukkan wakil Jawa Timur.

Pertandingan babak final juga berlangsung rubber set. Tim Sulsel menang dengan skor 21-14, 22-24, dan 21-10.

8. Krisda Putri (karate)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaKarateka putri Sulawesi Selatan Krisda Putri Aprilia memperagakan jurus dalam FInal Karate Nomor Kata Perorangan Putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/

Karateka pelatnas yang peraih emas SEA Games 2019, Krisda Putri, turut menyumbangkan medali untuk Sulsel. Dia jadi yang terbaik di karate nomor kata perorangan putri.

Krisda mengalahkan juara bertahan sekaligus seniornya asal Jawa Timur, Sisilia Agustiani Ora di partai final.

9. Andi Dasril dkk (karate)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaAtlet tim karate putra Sulawesi Selatan memperagakan jurus saat bertanding di final Kata Beregu Putra PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Tim karate Sulsel sukses mengawinkan medali emas di nomor karate kata beregu putra dan putri. Sulsel mengulang prestasi di PON XVIII Riau tahun 2012.

Tim kata beregu putra Sulsel menampilkan trio Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi. Di partai final, mereka menampilkan jurus Anan Dai dan jadi yang terbaik dengan mengumpulkan poin 24,68.

10. Nur Rizka dkk (karate)

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaAtlet tim karate putri Sulawesi Selatan memperagakan jurus saat bertanding di final Kata Beregu Putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Di kata beregu putri, Sulsel mendapatkan medali emas lewat trio Nur Rizka Fauziah, Magfirah Syamsul Alam, dan Nadya Baharuddin. Mereka menampilkan jurus Unsu di partai final dan meraih poin 24,34 dari para juri.

Sulse menang atas trio karateka Papua, Nadine Rizqi Athira, Naila Rizqi Athalla, dan Razta Nezta Melan Rumbekwan. Mereka mendapatkan poin 23.68 dengan menampilkan jurus Anan Dai.

11.

Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON PapuaAtlet kempo Sulawesi Selatan, Isman Triadman dan Suaib Side, saat beraksi di babak semifinal nomor embu berpasangan putra II/III DAN di GOT STT Gidi Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 12 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / M. Basry Rusman)

Medali emas terakhir Sulsel diraih lewat cabor kempo. Medali emas disumbangkan pasangan Isman Triadnan dan Suaib Side, yang jadi juara di kelas Embu berpasangan putra II/III Dan.

Pada partai final, pasangan kenshi Sulsel Isman-Suaib mengumpulkan 272 poin dari para juri. Pertandingan berlangsung sengit.

Pasangan Sulsel mengalahkan kenshi Jawa Barat Anggi Wibawa Saputra dan Key Imanuel, yang meraih medali perak dengan mencatatkan 269 poin.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya