Comscore Tracker

Guru Besar UGM Ramaikan Bursa Calon Ketua Perbasi Sulsel

Musprov Perbasi Sulsel digelar 19-20 Februari 2022

Makassar, IDN Times - Guru besar dan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Zaenal Arifin Mochtar menyatakan rencananya bersaing sebagai calon ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulawesi Selatan.

Pemilihan ketua akan digelar melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) Perbasi Sulsel pada 19-20 Februari 2022. Zaenal telah mengutarakan rencananya jadi calon, saat bersilaturahmi dengan sejumlah pengurus Perbasi kabupaten/kota, di Makassar, Jumat malam (4/2/2022).

"Saya maju karena teman-teman meminta saya jika bersedia. Saya merasa terhormat dengan permintaan itu dan karenanya saya bersedia. Kedua, dari pembicaraan dengan teman-teman yang ingin ada perbaikan," kata Zaenal, lewat siaran pers yang diterima Sabtu (5/2/2022).

Baca Juga: Reza Ali Panaskan Bursa Kandidat Ketua KONI Sulsel

1. Didukung sahabat di kalangan pengurus Perbasi

Guru Besar UGM Ramaikan Bursa Calon Ketua Perbasi SulselProf. Zaenal Arifin Mochtar (kanan). (Dok. Istimewa)

Zaenal, yang dikenal dengan sapaan Uceng, merupakan pecinta olahraga basket. Dia jug populer sebagai penggiat antikorupsi lewat lembaga Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM. Di sisi lain, dia merupakan ahli hukum tata negara Indonesia.

Zaenal Arifin Mochtar menjelaskan, keinginannya maju dalam pencalonan ketua dalam Musprov Perbasi Sulsel tidak lepas dari dukungan dan permintaan dari sahabat yang juga pengurus Perbasi.

"Jelas ini merupakan suatu kehormatan bagi saya. Dan untuk memperbaiki yang ada, tentu perlu berkolaborasi dan saling bekerja sama dalam menghidupkan organisasi. Bukan one man show," ucapnya.

2. Uceng ingin melihat basket Sulsel lebih baik

Guru Besar UGM Ramaikan Bursa Calon Ketua Perbasi SulselPemain Sulawesi Selatan, Sabrina Ayu Risantia(tengah) mendapat pengawalan ketat pemain DKI Jakarta, pada pertandingan Bola Basket Putri PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Center, Kamis (30/9/2021). Dok. PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Uceng mengatakan, dirinya berniat mencalonkan diri di Musprov Perbasi Sulsel, karena niat untuk melihat dunia basket Sulsel bisa lebih baik ke depannya.

"Saya non partai. Saya adalah PNS di UGM dan lagi pula saya pemain basket. Suatu kehormatan bagi saya bila bisa memajukan basket Sulsel," tuturnya.

Tim Pemenangan Uceng, Wahyu Hidayat mengungkapkan, sudah banyak Perbasi kabupaten/kota yang menyatakan dukungan untuk Prof. Zaenal Arifin Mochtar dalam Musprov Sulsel.

"Kita berharap, Perbasi Sulsel di bawah Prof. Zaenal Arifin Mochtar bisa lebih baik dan menguatkan kolaborasi," ujarnya.

3. Dapat dukungan Perbasi kabupaten/kota

Guru Besar UGM Ramaikan Bursa Calon Ketua Perbasi SulselPebasket tim Sulawesi Selatan, Ummil AMS (kiri), berusaha merebut bola dari pebasket Bali yakni Ni Putu Eka Liana (kanan) dalam laga semifinal cabor basket 5x5 PON XX 2021 Papua yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Kamis 7 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Ady Sosetya)

Sebagai syarat, bakal calon ketua Perbasi Sulsel harus mengantongi minimal enam pengurus kabupaten/kota. Dukungan ditunjukkan lewat surat ditandatangani ketua umum dan sekretaris umum.

Pelaksanaan pendaftaran bakal calon ketua umum dibuka1-10 Februari 2022. Sedangkan Musprov Perbasi Sulsel diagendakan 19-20 Februari 2022.

Ketua Pembinaan Prestasi Perbasi Makassar, Jamin Mattotoran mengungkapkan, Prof Zaenal Arifin Mochtar sudah tidak asing di kalangan dunia basket di Sulsel. Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Manajer Indonesia Patriots menjelaskan, Prof Zaenal Arifin Mochtar memiliki sosok pribadi yang bagus.

"Beliau memiliki komitmen buat memajukan basket Sulsel dan selama ini juga terlibat langsung dengan basket. Biasanya beliau kalau ada tim Sulsel ke Yogyakarta sering datang dan traktir makan tim, bantu transpor, dan lain sebagainya," kata Jamin.

Baca Juga: 6 Statistik yang Menunjukkan Seberapa Jago Kamu Menembak Bola Basket

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya