Comscore Tracker

Dilantik, Pengurus Esports Sulsel Rangkul Gamers Jadi Atlet

Pengurus di 34 provinsi dilantik secara virtual

Makassar, IDN Times -  Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) melantik secara serentak pengurus di 34 provinsi se-Indonesia, Sabtu (14/3). Pelantikan berlangsung tak biasa, karena digelar secara virtual dan online.

Pengurus tingkat provinsi dilantik Ketua Harian PB ESports Indonesia Irjen Pol Bambang Sunarwibowo. Termasuk di antaranya Pengurus Esports Provinsi Sulsel yang dipimpin Brigjen TNI Wing Handoko.

Usai dilantik, Wing yang juga Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sulsel, menyatakan telah mempersiapkan struktur kepengurusan di tingkat kabupaten/kota. Setiap di daerah didorong menggelar kegiatan dan kompetisi untuk menjaring atlet e-sports terbaik asal Sulsel.

"Kemudian kita harapkan ada yang memiliki kemampuan yang baik dan bisa menjadi atlet yang handal di e-sports asal Sulsel," kata Brigjen TNI Wing Handoko.

Baca Juga: 5 Turnamen Esport Paling Bergengsi di Dunia, Hadiahnya Fantastis

1. Pengurus Esports Sulsel membuka diri kepada klub gamers untuk bergabung

Dilantik, Pengurus Esports Sulsel Rangkul Gamers Jadi AtletFinal Regional Indonesia Barat Piala Presiden Esports 2020 (Istimewa)

Wing menyatakan, Pengurus Esports Provinsi Sulsel membuka diri kepada klub-klub e-sports di daerah. Setiap klub beserta gamers disilakan bergabung dan mendaftarkan diri. Para gamers berbakat bakal disiapkan menjadi atlet e-sports Sulsel di berbagai ajang.

Pelantikan ditandai penandatanganan berita acara oleh Wing, disaksikan Wakil Ketua KONI Provinsi Sulsel HM Ambas Syam.

"Pada intinya kita merangkul para klub-klub yang ingin bergabung dan nanti kedepannya kita arahkan menjadi atlet yang berkompeten, bukan terampil bermain tetapi bahasanya, juga nanti yang kita arahkan juga," ucap Wing.

2. Beragam kompetisi diagendakan di berbagai daerah di Sulsel

Dilantik, Pengurus Esports Sulsel Rangkul Gamers Jadi AtletPenandatanganan berita acara pelantikan Pengurus Esports Provinsi Sulsel. Dok. KONI Sulsel

Ketua Harian Pengurus Provinsi Esports Sulsel Alton Yunior Sampetoding mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah agenda. Salah satunya, dalam waktu dekat akan menggelar kompetisi yang akan di mulai dari Kota Makassar, dan selanjutnya di beberapa wilayah di Sulsel lainnya.

"Kita mulai persiapkan ini, untuk kompetisi tingkat daerah juga ada nanti. Ada beberapa item games e-sports, di antaranya, PES, Mobile Legend dan termasuk PUBG, jelasnya tahun ini kita mulai," kata Alton.

3. KONI Sulsel persiapkan atlet Esports bermain di PON

Dilantik, Pengurus Esports Sulsel Rangkul Gamers Jadi Atletebu.ch

Wakil Ketua KONI Sulsel HM Ambas Syam mengapresiasi pelantikan pengurus Esports karena berbeda dengan lazimnya di cabang olahraga lain. Menurutnya, olahraga ini berkembang sagat pesar, karena sangat diminati dan mendapat sambutan antusias, terutama anak muda atau kalangan millennials.

Ambas meyebut e-sports sebagai cabang olahraga ke-50 atau yang paling baru di Sulsel. Tapi perkembangannya dianggap sangat pesat, karena digandrungi anak muda. KONI Sulsel mendorong atlet Esports agar bisa bertanding di ajang nasional, termasuk pertandingan eksebisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

"Termasuk bola tangan nanti bersamaan menjadi cabor yang kita eksebisikan agar bisa bermain di Porprov dan juga Porda hingga PON juga nantinya,” kata Ambas Syam.

Baca Juga: 10 Negara Berpenghasilan Terbesar dari eSport, Sampai Ratusan Milyar!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya