5 Fakta Menarik Pulsar, Objek Luar Angkasa yang Disebut di Al-Qur'an!

Disebut di dalam surat At-Tariq

Intinya Sih...

• Al-Qur'an merupakan kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad pada abad ke-7 M, menjadi pedoman bagi umat Islam.
  • Pulsar adalah bintang neutron yang berputar dengan interval teratur, memiliki kecepatan bervariasi, dan medan magnet yang kuat.
  • Surat At-Tariq ayat 1-3 menjelaskan tentang pulsar, menunjukkan bahwa Al-Qur'an telah menjelaskan ciri-ciri pulsar sebelum ditemukan manusia.

Al-Qur'an merupakan kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad pada abad ke-7 M. Kitab ini menjadi pedoman bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saat ini, telah banyak penelitian yang membuktikan tentang kebenaran isi dari Al-Qur'an

Salah satu bukti kebenaran kitab ini adalah salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran yang membahas terkait pulsar. Pulsar merupakan objek luar angkasa yang ditemukan pada abad ke-20 jauh setelah Al-Qur'an diturunkan. Apa itu pulsar? Mari simak fakta-fakta seputar pulsar berikut ini!

1. Apa itu pulsar?

5 Fakta Menarik Pulsar, Objek Luar Angkasa yang Disebut di Al-Qur'an!ilustrasi pulsar (NASA/Fermi/Cruz deWilde)

Pulsar menjadi salah satu objek luar angkasa yang kini telah berhasil teridentifikasi. Objek ini merupakan salah satu jenis dari bintang neutron. Dikutip dari NASA, pulsar merupakan bintang neutron yang berputar dan memiliki gelombang radiasi dalam interval yang sangat teratur. Putaran tersebut biasanya berkisar dari milidetik hingga detik. Objek ini merupakan jenis bintang neutron yang paling banyak teramati dari bumi.

2. Berputar sangat cepat

5 Fakta Menarik Pulsar, Objek Luar Angkasa yang Disebut di Al-Qur'an!ilustrasi pulsar (harvard.edu/Nahks TrEhnl)

Pulsar memiliki kecepatan berputar yang cukup bervariasi. Dikutip dari Space.com, beberapa pulsar dapat berputar dengan kecepatan hingga ratusan kali per detiknya. Pulsar yang diberi nama PSR J1748–2446ad merupakan pulsar yang memiliki kecepatan berputar tercepat yang pernah tercatat. Pulsar ini dapat berputar dengan kecepatan hingga 716 HZ atau 716 kali per detik.

3. Memiliki medan magnet yang sangat kuat

5 Fakta Menarik Pulsar, Objek Luar Angkasa yang Disebut di Al-Qur'an!ilustrasi pulsar (NASA/Goddard Space Flight Center Conceptual Image Lab)

Pulsar juga merupakan objek yang memiliki medan magnet. Dikutip dari NASA, medan magnet pada pulsar yang sangat kuat akan menyalurkan pancaran partikel di sepanjang kedua kutub magnetnya. Pancaran partikel ini menghasilkan berkas cahaya yang sangat kuat pula. Umumnya medan magnet yang ada di pulsar tidak sejajar dengan sumbu putarannya, sehingga berkas partikel dan cahaya tersebut tersapu saat bintang berputar. Pancaran cahaya tersebut saat melintasi garis pandang kita di bumi akan terlihat seperti ‘berdenyut’ atau ‘berkedip’. Pulsar terlihat menyala dan mati saat cahayanya tersebut menyapu Bumi.

4. Terbentuk dari bintang mati

5 Fakta Menarik Pulsar, Objek Luar Angkasa yang Disebut di Al-Qur'an!ilustrasi pulsar (NASA/JPL-Caltech)

Proses terbentuknya pulsar sama seperti semua bintang neutron lainnya. Dikutip dari Space.com, pulsar terbentuk dari bintang yang massanya sekitar 4 hingga 8 kali massa matahari telah kehabisan bahan bakar untuk fusi nuklirnya dan runtuh. Runtuhannya bintang tersebut memaksa elektron dan proton untuk bersatu. Hal ini membuat terciptanya materi bintang neutron yang tersusun atas 95% neutron.

5. Disebut di dalam Al-Qur'an

5 Fakta Menarik Pulsar, Objek Luar Angkasa yang Disebut di Al-Qur'an!ilustrasi pulsar (NASA/Goddard Space Flight Center)

Pulsar juga ternyata telah disebutkan di dalam Al-Qur'an. Surat At-Tariq ayat 1 hingga 3 ternyata menjelaskan tentang objek luar angkasa ini. Berikut penggalannya:

وَالسَّمَآءِ وَالطَّارِقِۙ(١)وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا الطَّارِقُۙ(٢)النَّجۡمُ الثَّاقِبُۙ(٣)

“(1) Demi langit dan yang datang pada malam hari. (2) Dan tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu? (3) (yaitu) bintang yang bersinar tajam.” (QS. At-Tariq 86: 1-3)

Dilansir dari TheLastDialogue.org, arti dari kata ‘Tariq (الطَّارِقُ)’ secara harfiah sebenarnya adalah ‘orang yang mengetuk pintu’. Arti dari ‘datang pada malam hari’ diambil dari kebiasaan orang Arab pada masa lalu, dimana saat orang datang pada malam hari akan mengetuk pintu. Pulsar sendiri terlihat dari bumi berdenyut atau seperti orang yang mengetuk pintu. Hal ini menunjukkan bahwa Tariq sebenarnya merupakan benda langit pulsar.

Ayat ketiga menunjukkan kata ‘Tsaqib (ثَّاقِبُ)’ yang ternyata memiliki arti lain, yaitu ‘membuat lubang’. Hal ini menunjukkan pulsar adalah bintang yang dapat membuat lubang. Pulsar yang dapat mendistorsi ruang waktu. Semakin banyak materi yang jatuh ke dalamnya, maka distorsi akan semakin besar. Akan tercapai suatu titik saat distorsi meningkat sedemikian rupa, sehingga dapat menciptakan lubang di ruang waktu.

Pulsar merupakan salah satu objek luar angkasa yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an. Al-Qur'an bahkan telah menjelaskan ciri-ciri dari pulsar jauh sebelum objek ini ditemukan oleh manusia.