Kondisi Balita Dilindas Pajero: Berdiri Tidak Normal Jalan Mengangkang

Korban dan ibunya mengungsi hindari intimidasi pelaku

Makassar, IDN Times - Keluarga IN, balita umur 15 bulan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang viral usai dua kali dilindas mobil Mitsubishi Pajero, mengaku was-was dengan kondisi IN yang tidak normal.

Paman IN, Wawan (38) menyebutkan, kondisi keponakannya berangsur-angsur membaik seperti anak seumurannya. Walau begitu, keluarga masih mengkhawatirkan kondisi kedua kaki IN, karena cara berdiri dan jalannya tidak normal lagi.

"Normal itu kalau main dalam rumah, tapi yang tidak normalnya itu cara jalannya, kayak jalan ngangkang, dilihat kayak pincang-pincang," kata Wawan kepada IDN Times Sulsel saat dikonfirmasi, Kamis (7/9/2023).

Sebelumnya diberitakan, viral video rekaman CCTV memperlihatkan peristiwa saat IN dilindas mobil Pajero Sport di Jalan Adiyaksa 2, Kota Makassar, pada 18 Agustus 2023.

Kasus ini dilaporkan oleh ibu IN, Arni (32), warga jalan Adiyaksa, Kecamatan Panakkukang, pada Senin malam, 4 September 2023. Arni melapo ke polisi karena tidak ada itikad baik dari pengendara Pajero Sport untuk bertanggung jawab.

1. Keluarga sebut medical check up korban normal tapi mau dicek lagi

Kondisi Balita Dilindas Pajero: Berdiri Tidak Normal Jalan MengangkangKondisi balita 15 bulan, IN yang disebut berjalan mengangkang tidak normal. (Istimewa)

Wawan juga mengatakan, pihak keluarga sudah memeriksa IN di salah satu rumah sakit di Makassar. Hanya saja hasil yang diterima disebutkan kondisi korban normal dan tidak ada tanda-tanda patah tulang.

"Sudah diperiksa, hasil medical check up-nya negatif tidak ada patah tulang atau ada memar. Jadi ini kita keluarga inisiatif lagi untuk membawa ke rumah sakit lain lagi untuk bisa diperiksa (dibandingkan)," ungkapnya.

Selain kondisi fisik korban, pihak keluarga juga hendak memeriksakan psikologis IN. Sebab, kata Wawan, keluarga khawatir IN akan mengalami trauma.

2. Korban dan ibunya sudah dipindahkan ke rumah keluarga

Kondisi Balita Dilindas Pajero: Berdiri Tidak Normal Jalan MengangkangPajero sport hitam terekam CCTV melindas balita umur 15 bulan (baju biru) di Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Wawan menjelaskan, saat ini IN dan ibunya sementara tidak tinggal di rumah mereka di Jalan Adiyaksa 7, Kecamatan Panakkukang. Karena rumah Arni tidak jauh dari rumah pengendara Pajero Sport itu.

"Jadi dia (IN dan Arni) sudah di rumah keluarga di Kandea (Makassar), jangan sampai ada lagi yang datang. Karena ada beberapa orang yang datang seakan-akan suruhannya itu ibu aji (pengendara Pajero)," terang Wawan.

Wawan tidak mau beranggapan orang yang diduga suruhan itu datang untuk mengintimidasi, tapi keluarga hanya berniat menghindari hal-hal yang sebelumnya terjadi seperti beberapa orang mendesak Arni minta maaf.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Makassar, Mobil Tabrak Pohon, Dua Orang Tewas

3. Kapolrestabes Makassar pastikan proses hukum berlanjut

Kondisi Balita Dilindas Pajero: Berdiri Tidak Normal Jalan MengangkangKapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dikonfirmasi terpisah, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib memastikan proses hukum kasus balita 15 bulan itu masih didalami.

"Mereka ini bertetangga, mereka bersikeras dan tidak mau saling memahami soal ada kelalaian dari pelaku dan dari korban. Sehingga terjadi permasalahan baru lagi seperti ada konflik antara mereka," jelas Ngajib.

Ngajib mengaku belum mengetahui adannya laporan intimidasi dari pelaku yang membuat korban terpaksa mengungsi sementara ke rumah keluarga yang jauh dari rumah pelaku. "Karena kalau ada intimidasi kan harus ada laporan dan dari hasil proses pemeriksaan," tambahnya.

Baca Juga: Balita di Makassar Dilindas Mobil Pajero, Polisi Tak Dorong Atur Damai

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya