Tolak Barombong, Sudirman Malah Minta Danny Urunan Bangun Mattoanging

Sudirman fokus bangun Stadion Mattoanging dari nol

Makassar, IDN Times - Hasrat Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto untuk melanjutkan proyek mangkrak Stadion Barombong harus kandas. Danny tidak mendapatkan restu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal tersebut terungkap setelah Danny bertemu Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk menyerahkan surat permohonannya. Pertemuan berlangsung di Rujab Wakil Gubernur Sulsel, Rabu (2/3/2022).

Stadion Mattoanging menjadi alasan Pemprov sehingga tidak memberikan izin kepada Pemkot. Pemprov menyatakan akan fokus terlebih dahulu pada penyelesaian Stadion Mattoanging.

"Tadi kami sepakat bahwa selesai kan dulu Stadion Mattoanging baru kita stadion Barombong. Itu kesepakatannya tadi. Jadi Stadion Mattoanging dulu," kata Danny kepada wartawan.

1. Danny sepakat untuk fokus Stadion Mattoanging

Tolak Barombong, Sudirman Malah Minta Danny Urunan Bangun MattoangingWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Meski keinginannya kandas, namun Danny mau tidak mau harus menerima keputusan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Dia sepakat dengan fokus Pemprov Sulsel yang lebih memilih fokus pada proyek rehabilitasi Stadion Mattoanging.

"Pokoknya begitu tadi sepakatnya bahwa kita selesaikan dulu Stadion Mattoanging. Setelah itu kita sama-sama mereview stadion Barombong.Tidak ditolak, itu hanya prioritas. Biar konsentrasi Mattoanging," kata Danny.

Terkait anggaran Rp100 miliar yang pernah dia lontarkan ke depan publik, Danny menyebutkan anggaran tersebut belum ada. Anggaran untuk Stadion Barombong baru akan dianggarkan di APBD Perubahan 2022, itu pun jika direstui.

"Belum pi (masuk) anggaran. Pokoknya saya stand by. Biar mi konsentrasi ke Mattoanging. Setelah Mattoanging selesai, baru kita selesaikan Barombong," katanya.

2. Alasan Danny ingin lanjutkan Stadion Barombong

Tolak Barombong, Sudirman Malah Minta Danny Urunan Bangun MattoangingStadion Barombong. instagram/noval_syarif

Belakangan ini, Danny memang menginginkan proyek Stadion Barombong dilanjutkan. Pasalnya, ada desakan dari masyarakat agar Makassar punya stadion. 

Saat ini, Makassar tidak lagi punya bangunan stadion setelah Stadion Mattoanging dirobohkan karena akan direhabilitasi. Stadion Mattoanging sendiri belum memasuki pengerjaan fisik setelah lebih dari setahun dirobohkan.

Di sisi lain, ada bangunan Stadion Barombong yang terlantar karena mangkrak. Ironisnya, pembangunan stadion tersebut telah menelan anggaran besar sehingga Danny sangat menyayangkan. Dia pun membantah jika keinginannya itu dikaitkan dengan kepentingan politik.

"Seandainya stadion itu tidak di Makassar, kita tidak minat tapi karena desakan masyarakat itu harus didengarkan apa yang diinginkan. Sayang sekali gedung besar itu terlantar karena uang negara besar masuk di situ tapi income-nya nol," kata Danny.

Baca Juga: Soal Stadion Barombong, Suporter PSM : Semoga Bukan Wacana

3. Pemkot bisa bantu Pemprov selesaikan Mattoanging

Tolak Barombong, Sudirman Malah Minta Danny Urunan Bangun MattoangingPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan jika Pemkot Makassar berminat untuk membangun stadion, maka Pemkot bisa memberikan bantuan keuangan kepada Pemprov Sulsel. Dengan catatan, Stadion Mattoanging menjadi skala prioritas.

Sudirman menyebutkan, berdasarkan aturan yang ada, bantuan keuangan bisa diserahkan Pemprov Sulsel ke kabupaten/kota, begitu juga sebaliknya dari pemerintah kabupaten/kota bisa memberikan bantuan keuangan kepada pemerintah erovinsi.

"Pemkot bisa bantu keuangan ke Pemprov bangun Stadion. Jika Pemkot serius ingin bangun stadion, bisa sama-sama percepat tinggal kasih Rp100 miliar bantuan keuangan ke provinsi untuk percepat Mattoanging," jelasnya.

Baca Juga: Sudirman Ogah Tanggapi Tawaran Danny Selesaikan Stadion Barombong

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya