Nama Dirjen Polpum Kemendagri Mencuat di Bursa Pj Gubernur Sulsel

Dianggap memiliki kapasitas mumpuni di pemerintahan

Makassar, IDN Times - Sederet nama mulai mencuat dalam bursa pengisian jabatan Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Salah satu nama yang kian santer beredar yaitu Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar.

Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PAN, Irwandi Natsir, menguatkan kabar tersebut. Dia mengatakan bahwa PAN mencermati siapa pun yang berpeluang untuk menjadi Pj Gubernur Sulsel, salah satunya Bahtiar.

"Dalam pandangan kami, tentu semua memiliki peluang tetapi yang menurut kami punya peluang besar dan memahami daerah serta dia punya pengalaman di birokrasi tentu Pak Bahtiar," kata Irwandi, Kamis (3/8/2023).

1. Memiliki jabatan strategis di Kemendagri

Nama Dirjen Polpum Kemendagri Mencuat di Bursa Pj Gubernur SulselDirektur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar dalam acara peluncuran microsite #GenZMemilih dan Talkshow "Milenial dan Gen Z Kunci Kemenangan di Pemilu 2024". (IDN Times/Tata Firza)

Fraksi PAN mempunyai alasan untuk mengusulkan Bahtiar. Selain karena karena merupakan putra daerah Sulsel, juga karena Bahtiar memiliki jabatan strategis di Kemendagri. 

PAN juga menilai Bahtiar sangat memahami birokrasi yang baik. Berangkat dari itu, Bahtiar dianggap mumpuni untuk memimpin pemerintahan Sulsel selama kurang lebih setahun hingga gubernur definitif terpilih.

"Mengelola pemerintahan di Sulsel saya kira tidak mudah. Kita butuh orang-orang yang punya kapasitas yang mumpuni. Pak bahtiar memiliki itu," kata Irwandi.

Selain itu, PAN juga mempertimbangkan untuk mengusulkan mantan Kapolda Sulsel, Nana Sudjana. Dia dianggap telah memiliki pengalaman semasa menjabat di Sulsel. 

"Ada Pak Nana. Yang lain juga saya kira bagus. Cuma dalam pandangan kami untuk sementara itu," kata Irwandi.

Baca Juga: IKA Unhas Angkat Dirjen Kemendagri sebagai Anggota Dewan Kehormatan

2. Momen menunjukkan kapasitas putra daerah

Nama Dirjen Polpum Kemendagri Mencuat di Bursa Pj Gubernur SulselDirektur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar dalam acara peluncuran microsite #GenZMemilih dan Talkshow "Milenial dan Gen Z Kunci Kemenangan di Pemilu 2024". (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Fraksi Demokrat juga condong untuk mengusulkan Bahtiar. Namun Demokrat juga condong mengusulkan Staf Kemenko Polhukam RI, Laksmana Pertama TNI  AL Abdul Rivai Ras atau Bro Rivai.

"Kan itu nama-nama yang mengemuka, ada Pak Bahtiar, ada Bro Rivai dan saya kira dua nama itu  punya potensi dan kapasitas yang cukup baik bisa mewakili Sulsel," kata  Haedar.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulsel, Haedar Majid, menyebut sebaiknya calon Pj Gubernur Sulsel merupakan putra daerah. Menurutnya, ini merupakan momentum untuk menunjukkan bahwa Sulsel mempunyai banyak putra daerah yang memiliki kapasits yang cukup untuk menjadi Pj Gubernur Sulsel.

"Itulah yang saya maksud bahwa kita sebenarnya punya peluang untuk bisa mengusulkan bahwa ada putra daerah kita yang cukup punya kapabilitas untuk bisa menjadi Pj gubernur," kata Haedar.

Baca Juga: Bursa Pj Gubernur Sulsel, Nama Dirjen Perkebunan Kementan Mencuat

3. DPRD segera usulkan nama-nama calon Pj gubernur

Nama Dirjen Polpum Kemendagri Mencuat di Bursa Pj Gubernur SulselKetua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika. IDN Times/Aan Pranata

DPRD Sulsel akan mengusulkan 3 nama calon Pj ke Kemendagri. Nama-nama ini merupakan kesepakatan dari semua fraksi. Setiap fraksi berhak mengusulkan satu nama.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, mengatakan nama-nama itu akan dikirim ke Kemendagri pada 9 Agustus 2023. Sebelumnya, DPRD telah melalui serangkaian mekanisme untuk pembahasan pengajuan calon Pj Gubernur Sulsel.

"Nama-nama kandidat. Tapi pasti mengirim surat ke kita menjawab surat pimpinan. Karena pimpinan kita di DPRD kan sudah menyurat. Sisa dari masing-masing fraksi untuk mengirimkan nama-nama kandidat ke pimpinan," kata Andi Ina.

Baca Juga: Ketua DPRD Harap Pj Gubernur Sulsel Putra Daerah, Siapa yang Layak?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya