Bursa Pj Gubernur Sulsel, Nama Dirjen Perkebunan Kementan Mencuat

Andi Nur Alam dinilai memenuhi syarat

Makassar, IDN Times - Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah, disebut sebagai salah satu ASN eselon I yang layak ditempatkan sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Rekam jejaknya sebagai pejabat tinggi madya di Kementerian Pertanian (Kementan) dinilai sebagai bukti bahwa dia memiliki kapasitas.

Pernyataan ini datang dari Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), Syaharuddin Alrif. Dia mengaku pihaknya telah berkonsultasi ke Menteri Dalam Negeri perihal mekanisme pengusulan nama Pj Gubernur Sulsel pengganti Andi Sudirman Sulaiman.

Dari hasil konsultasi ini, nama Andi Nur Alam Syah disebut layak menduduki posisi Pj Gubernur Sulsel. Syahar menyebut figur asal Kabupaten Pinrang ini memiliki kapabilitas dan pengalaman yang tepat untuk memimpin pemerintahan Sulsel di masa transisi.

"Kita tahu, Sulsel ini daerah lumbung pangan Indonesia Timur, beliau telah banyak terjun, asam garam memajukan pertanian Sulsel," kata Syaharuddin dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (2/8/2023).

1. Dinilai cocok untuk Sulsel yang fokus di sentra pertanian

Bursa Pj Gubernur Sulsel, Nama Dirjen Perkebunan Kementan MencuatDirektur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah bersama Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo. Dok. IDN Times/Istimewa

Syahar menjelaskan bahwa untuk memajukan Sulsel tidak cukup dalam pengalaman birokrasi dan politik saja. Sulsel sebagai sentra pertanian Indonesia Timur, sangat membutuhkan sosok atau figur yang memahami secara holistik birokrasi terutama kemampuanya di sektor teknis yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat Sulsel sebagai petani dan pelaku agribisnis.

Sebelum menjabat Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam cukup lama menjabat Direktur Alat dan Mesin Pertanian. Semasa menjabat, dia dikenal sangat mengutamakan kemajuan pertanian Sulsel. Hal itu dapat dilihat dari pertanian Sulsel yang modern.

Syahar juga menyebutkan bahwa Andi Nur Alam merupakan sosok pekerja keras. Saat ini, dia tengah membangun sektor perkebunan berbasis korporasi. Tidak lagi di level budidaya melainkan hingga industrialisasi perkebunan untuk menaikkan kelas komoditas. 

"Sosok ini sangat dibutuhkan memajukan Sulsel yang kaya akan hasil buminya untuk dikelola lebih maju agar kesejahteraan masyarakat naik," kata Syahar.

2. Memiliki kemampuan komunikasi dengan berbagai kementerian

Bursa Pj Gubernur Sulsel, Nama Dirjen Perkebunan Kementan MencuatWakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif. (IDN Times/Istimewa)

Syahar juga mengemukakan bahwa Andi Nur Alam Syah memiliki kemampuan komunikasi dengan berbagai kementerian dan komunikasi politik dengan berbagai stakeholder. Hal ini terbukti dalam pengemban tugasnya selama Direktur Alsintan dan saat ini sebagai Dirjen Perkebunan.

Dia berperan dalam keberhasilan Kementerian Pertanian dalam membangun food estate. Dalam hal ini, dia berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, BUMN dan lainnya. Dia juga membangun komunikasi politik yang baik dengan Komisi IV DPR RI mitra kerja Kementerian Pertanian. 

"Kapabilitas sosok seperti ini sangat dibutuhkan di Sulsel. Mengingat masih banyaknya akselerasi pembangunan fisik di Sulsel yang harus diwujudkan," kata Syahar.

3. Masa jabatan Andi Sudirman sisa sebulan

Bursa Pj Gubernur Sulsel, Nama Dirjen Perkebunan Kementan MencuatGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Masa jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman akan berakhir pada 5 September 2023 nanti. DPRD Sulsel sendiri telah membahas mekanisme pengajuan nama untuk Pj beberapa waktu lalu. 

Surat dari Kemendagri ditindaklanjuti melalui pembahasan di internal fraksi. Kemudian nama yang diusulkan dibawa dalam rapat pimpinan. Setelah itu, akan dibahas dalam rapat paripurna sebelum diajukan kepada Kemendagri.

Kriteria untuk menjadi Pj Gubernur Sulsel tentu telah ditentukan oleh Kemendagri. Figur yang boleh diajukan sebagai Pj Gubernur Sulsel harus pejabat eselon I atau pejabat tinggi madya.

"Kalau saya melihat putra daerah Sulsel banyak yang punya kompetensi kapasitas dan kemampuan dalam hal itu, terutama persyaratannya sudah memenuhi," katanya.

Baca Juga: Mencari Figur Pj Gubernur Sulsel Pengganti Andi Sudirman Sulaiman

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya