Jelang Pemilu 2024, Danny Pede Situasi Makassar Tetap Kondusif 

Jelang Pemilu 2024, Danny Pomanto Pede Makassar Tetap Zona H

Makassar, IDN Times - Perhelatan Pemilu 2024 kian dekat. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto percaya diri bahwa daerahnya tetap dalam situasi yang kondusif.

Optimisme Danny Pomanto itu berangkat dari deklarasi pemilu damai yang telah beberapa kali digelar. Ini tentu merupakan salah satu upaya untuk meredam konflik maupun potensi kerawanan pemilu.

"Saya kira pertama pasti damai, usaha-usaha maksimal tidak harus menunggu ada Pilkada. Sekarang pun, sudah buat pemilu damai," kata Danny kepada jurnalis usai penandatanganan NPHD di Balai Kota Makassar, Jumat (10/11/2023).

1. Pihak terkait berupaya mewujudkan pemilu damai

Jelang Pemilu 2024, Danny Pede Situasi Makassar Tetap Kondusif Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Danny mengatakan pihak-pihak terkait telah berupaya mewujudkan pemilu damai sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Sebut saja TNI-Polri dengan deklarasi pemilu damai, serta KPU dan Bawaslu yang menyelenggarakan pemilu.

"Misalnya bagaimana daftar pemilih betul-betul tidak ada wastenya, atau tidak ada pemilih pemilih silumannya di situ. Saya secara persiapan insyaallah, tinggal doa dan dukungan masyarakat tentunya," kata Danny.

2. Mempertahankan zona hijau

Jelang Pemilu 2024, Danny Pede Situasi Makassar Tetap Kondusif Seorang petugas berjalan di depan baliho pengumuman pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (3/9/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Kota Makassar memang menjadi salah satu kota strategis dan mendapat atensi khusus dari pemerintah pusat. Untuk membuat Makassar tetap berstatus zona hijau, maka pemerintah setempat menggandeng berbagai kelompok masyarakat.

"Kita punya kelompok masyarakat bukan hanya RT/RW tapi kita punya Bassibarania, dewan lorong yang sudah terstruktur baik di masyarakat sehingga saya kira semua unsur," kata Danny.

Pada Pilkada 2020 lalu, Makassar memang menjadi daerah dengan zona merah. Namun untuk Pemilu 2024, Makassar berstatus zona hijau menurut Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) menurut Bawaslu.

"Tidak, dulu selalu Makassar itu zona merah tetapi terbukti menjadi yang paling aman. Selalu saja itu. Sejauh ini belum tahu. Kalau dilihat kerawanan di Makassar tidak kelihatan dalam daftar itu," kata Danny.

Baca Juga: Deklarasi Pemilu Damai Makassar, Kapolrestabes: Ada Dua Hal Memanas

3. Situasi Makassar masih kondusif

Jelang Pemilu 2024, Danny Pede Situasi Makassar Tetap Kondusif Sterilisasi Kantor KPU Makassar. IDN Times/KPU Makassar

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib, mengatakan pihaknya siap mengawal pemilu damai agar tidak terjadi gesekan. Dia menjamin kondisi Makassar saat ini masih kondusif.

"Kita sudah laksanakan cooling system dari tingkat provinsi, kota, kecamatan hingga kelurahan dan di kelurahan sudah dibentuk," kata Ngajib.

Baca Juga: KPU Makassar Terima Hibah Rp64,1 Miliar untuk Pilkada 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya