Deklarasi Pemilu Damai Makassar, Kapolrestabes: Ada Dua Hal Memanas

Ngajib sebut persaudaraan kuat jadi modal Pemilu aman

Makassar, IDN Times - Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib memastikan, jelang Pemilu 2024 wilayah Kota Makassar aman, damai, dan kondusif. Hanya saja, ada dua hal yang kini memanas.

Dua hal tersebut diungkapkan Ngajib saat memberikan sambutan pada kegiatan Deklarasi Pemilu Damai di tribun Lapangan Karebosi, Jalan Ahmad Yani, Ujung Pandang, Makassar, Jumat petang (15/9/2023).

"Yang panas hanya dua di Kota Makassar. Pertama, panas karena situasi dan kondisi cuacanya, apalagi kita tinggal dekat pantai sehingga panas. Kedua, ini soal tagline-nya bapak wali kota (Makassar), makan enak," ungkap Kombes Ngajin saat sambutan.

"Pagi-pagi makan nasi kuning ada daging, jam 9 diajak makan coto Makassar. Jam 10 sop konro, jam 11 sop sodara, jam 12 pallubasa, jam 1 (siang) diajak makan sop lidah, sop pipih. Begitu sore masih ada, seafood di mana-mana. Saya kira itu sudah selesai, ternyata malamnya ada yang enak, mie titi daging dan seafood," lanjutnya.

1. Ngajib sebut ada yang giring Makassar untuk memanas

Deklarasi Pemilu Damai Makassar, Kapolrestabes: Ada Dua Hal MemanasDeklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Makassar, Jumat (15/9/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Dalam kegiatan Deklarasi Pemilu Damai ini hadir Wali Kota Makassar, Kajari Makassar, Dandim 1402 Bs Makassar, Ketua Bawaslu Makassar, Ketua KPU Makassar, Kapolres Pelabuhan Makassar, tokoh agama dan masyarakat, serta organisasi pemuda, para ketua RT/RW, dan perwakilan mahasiswa.

Ngajib mengatakan, ada pihak yang sengaja menyebut Kota Makassar memanas jelang Pemilu 2024 yang digelar Februari mendatang. 

"Sebenarnya tidak ada yang memamas di Makassar ini, karena sampai saat ini kota Makassar masih aman, damai, kondusif. Jadi ada yang bilang mulai memanas itu tidak ada sama sekali," terang Ngajib.

2. Yakin Pemilu aman, Ngajib silaturahmi dan minta komitmen

Deklarasi Pemilu Damai Makassar, Kapolrestabes: Ada Dua Hal MemanasKapolrestabes Makassar, Kombes Pol Moh Ngajib di acara Deklarasi Pemilu Damai, Jumat (15/9/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Ngajib yakin Pemilu 2024 aman diselenggarakan karena sejak awal bertugas di Makassar, polisi pangkat Tiga Bunga ini sudah melakukan beberapa pencegahan gangguan Kamtibmas.

"Saya sudah melaksanakan silaturahmi kepada semua ketua partai, tokoh-tokoh masyarakat dan semua sudah komitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan komitmen agar pelaksana Pemilu 2024 aman dan damai," katanya.

Baca Juga: DPT Pemilu 2024 di Makassar Dominan Perempuan

3. Persaudaraan kuat jadi modal Pemilu aman

Deklarasi Pemilu Damai Makassar, Kapolrestabes: Ada Dua Hal MemanasDeklarasi Pemilu Damai 2024 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (15/9/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Ngajib menambahkan, yang membuat Makassar berbeda dengan daerah lain di Indonesia adalah persaudaraan. Dia pun mencontohkan, terkait kasus perkelahian yang bisa diselesaikan lewat kekeluargaan.

"Perasaudaraan yang sangat tinggi inilah ciri khas dan milik warga kota Makassar. Inilah menjadi modal kita untuk menjaga keamanan nanti, sehingga kita harap hari ini bukan saja jadi formalitas tapi harus diwujudkan bersama," tambah Ngajib.

Baca Juga: 18 Parpol di Sulsel Hadir Deklarasi Pemilu Damai 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya