Comscore Tracker

Gempa Putus Jalan Utama Majene, Bantuan dari Sulsel Dikirim Laut-Udara

Sulsel kirim tenaga medis dan logistik darurat

Makassar, IDN Times - Gempa bumi susulan mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 02.30 WITA. Episentrum gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 itu berada di kedalaman 10 km.

Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai salah satu provinsi terdekat langsung bergerak membawa bantuan logistik. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah usai memantau via udara kondisi di sana.

"Insyaallah sebentar jam 2 akan berangkat kapal dari Angkatan Laut membawa beberapa logistik termasuk beras dan kebutuhan sehari-hari lain," ucap Nurdin, Jumat pagi.

1. Tenaga medis dari Sulsel akan diberangkatkan ke Majene

Gempa Putus Jalan Utama Majene, Bantuan dari Sulsel Dikirim Laut-UdaraWarga melintasi tiang listrik yang melintang di jalan raya pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Nurdin juga menyampaikan telah berkoordinasi dengan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel untuk mengirim tenaga medis ke lokasi gempa. Para tenaga medis sementara dipersiapkan untuk diberangkatkan. 

Nurdin mengaku telah berkoordinasi dengan Pangkop AU terkait hal ini. Sebanyak 3 unit helikopter telah disiapkan untuk digunakan membawa kebutuhan ke Mamuju dan Majene, termasuk mengangkut para tenaga medis.

"Hercules akan mengangkut tenaga medis di sana, dan berapa pasukan juga dari sini. Angkatan laut juga persiapan berangkat membawa logistik, beras, selimut untuk kebutuhan darurat," kata Nurdin.

2. Gempa mengakibatkan jalan terputus

Gempa Putus Jalan Utama Majene, Bantuan dari Sulsel Dikirim Laut-UdaraSebuah mobil dan bangunan rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Berdasarkan hasil pantauan udaranya, Nurdin mengungkapkan kondisi terakhir di sana. Dia menyebutkan bahwa gempa tersebut telah mengakibatkan sejumlah jalan poros terputus sehingga sulit mengirimkan logistik melalui jalur darat.

"Sekarang jalan putus, beberapa kantor, rumah sakit juga hancur, makanya kita segera membantu bagaimana pun juga Sulbar ini adalah bagian dari Sulsel juga, Makanya kita harus cepat," katanya.

3. BPBD akan dikirim ke Majene

Gempa Putus Jalan Utama Majene, Bantuan dari Sulsel Dikirim Laut-UdaraTangkapan layar video gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat/Istimewa

Nurdin menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa gempa di Majene. Dia berharap pemerintah setempat dan seluruh jajarannya diberikan kekuatan untuk bisa menyelamatkan warganya.

"Tapi insyaallah kita akan bersama-sama untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Sulbar," katanya.

Nurdin juga telah berkoordinasi dengan Telkom untuk segera mengecek jaringan di sana. Begitu pun dengan PLN untuk segera membenahi aliran listrik yang ada di Sulbar. 

"BPBD Sulsel juga sekarang ini kita lagi persiapkan," kata Nurdin.

Baca Juga: BMKG Catat 28 Kali Gempa Susulan di Majene Sulbar

4. Gempa merobohkan banyak bangunan

Gempa Putus Jalan Utama Majene, Bantuan dari Sulsel Dikirim Laut-UdaraWarga mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Sementara itu, menurut data Basarnas Makassar dan Mamuju, gempa tersebut telah merobohkan banyak bangunan hingg kantor pemerintahan, termasuk Kantor Gubernur Sulbar.

"Sampai saat ini kami masih sementara proses evakuasi," kata petugas Basarnas Mamuju Arianto dalam keterangan video yang diterima jurnalis di Makassar, Jumat (15/1/2021) pagi.

Baca Juga: Gempa di Sulbar, BPBD Majene Laporkan Tiga Korban Jiwa

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya