Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 di Makassar

Latihan militer bersama non perang selama tiga hari

Makassar, IDN Times - TNI Angkatan Laut menggelar latihan militer non perang bertaraf internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Makassar. Kegiatan ini bertajuk "Partnership To Recover And To Rise Stronger".

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Senin (5/6/2023).

"MNEK dihadiri Angkatan Laut dari 36 negara turut berpartisipasi" demikian kata Kepala Dispenal, I Made Wira Hady, dalam siaran persnya.

Baca Juga: TNI AL Gelar Latihan Lintas Negara di Makassar, Ada AS dan Rusia

1. Peserta mengikuti berbagai kegiatan

Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 di MakassarTNI Angkatan Laut bakal menggelar latihan non-militer melalui ajang Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) di Makassar, 4-8 Juni 2023. (Dok. tnial.mil.id)

Adapun 36 Angkatan Laut dari berbagai negara yang dimaksud yaitu Amerika Serikat, Australia, Brazil, Brunei Darussalam, Bangladesh, Kamboja, Kanada, China, Chili, Fiji, dan India. 

Kemudian, Inggris, Jepang, Kenya, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, New Zealand, Belanda, Oman, Filipina, Pakistan, Prancis, Papua Nugini, Qatar, Singapura, Srilanka, Spanyol, Rusia, Thailand, Turki, Timor Leste, United Kingdom, dan Vietnam.

Para peserta yang terlibat, akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya Ice Breaking, International Fleet Review (IFR), International Maritime Security Symposium (IMSS), City Tour, City Parade, Fun Bike, Admiral Lunch, Bilateral Meeting, Welcome Dinner, Maritime Exhibition, dan Gala Dinner.

2. Latihan non perang dan bakti kemanusiaan

Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 di MakassarPembangunan fasilitas umum atau Engineering Civic Action Programme (ENCAP) jadi bagian dari MNEK 2023 di Makassar. (Dok. TNI AL)

MNEK 2023 merupakan latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Selain itu, ada juga kegiatan bakti kemanusiaan di antaranya Engineering Civic Action Programme (ENCAP) dengan membangun monumen MNEK di Center Point Indonesia, lorong wisata, perbaikan atap SMP Lae-Lae, dan perbaikan sarana jalan di Lanraki. 

Kemudian ada kegiatan Medical Civic Action Programme (MEDCAP) dengan melaksanakan pengobatan gigi, khitanan massal, dan operasi katarak.

3. Pelaksanaan keempat kali

Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 di MakassarTNI AL menggelar latihan militer bersama non perang di Makassar lewat ajang MNEK 2023. (IDN Times/Ashrawi Muin)

MNEK di Kota Makassar ini, merupakan event yang ke-4 setelah sempat tertunda akibat pandemik COVID-19 yang melanda dunia. Kali ini, MNEK akan berlangsung mulai 5-8 Juni 2023.

MNEK pertama dilaksanakan pada tahun 2014 lalu yang digelar di Batam, Kepulauan Riau. Kemudian pada 2016, MNEK diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat. Lalu pada 2018, MNEK kembali diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  

Baca Juga: TNI AL: 119 Orang Selamat saat KRI Teluk Hading Terbakar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya