TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Danny-Fatma Ditetapkan Sebagai Paslon Terpilih Pilkada Makassar

KPU sebut Pilkada Makassar berlangsung tenang dan sukses

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan) dan Fatmawati Rusdi ANTARA FOTO/Arnas Padda

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makasssar, menetapkan pasangan Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto-Fatmawati Rusdi, sebagai pasangan calon terpilih pada Pilkada Makassar 2020.

KPU menetapkan paslon terpilih melalui rapat pleno terbuka yang digelar  di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Sabtu (23/1/2021). Sebelumnya melalui rekapitulasi, Danny-Fatma meraih suara terbanyak, yakni 218.908 suara atau 41,3 persen.

"Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkannya," kata Komisioner KPU Makassar Abdul Rahman yang membacakan putusan penetapan.

Danny-Fatma merupakan paslon yang diusulkan Partai NasDem dan Gerindra. Mereka mengalahkan tiga paslon lain, yakni Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin.

Baca Juga: Golput Masih Menang di Pilkada Makassar

1. KPU Makassar klaim pilkada di daerahnya sukses

Ketua KPU Makassar Farid Wajdi saat kegiatan pengundian nomor urut paslon di Hotel Harper Makassar, Kamis (24/9/2020). Dok. KPU Makassar

Dalam sambutannya pada rapat pleno, Ketua KPU Makassar Farid Wajdi menyebut pilkada di daerahnya berjalan cukup baik sesuai harapan. Meski, dia mengakui pada prosesnya tetap ada hambatan dan kendala.

"Ini adalah pilkada yang paling berbahagia yang kita kelola di Makassar," ujar Farid.

Menurut Farid, Pilkada Makassar 2020 berjalan tenang dan nyaris tanpa keributan. Menurut dia, itu berkat kerja keras jajaran KPU dan semua pihak yang terkait. Dia membandingkan penyelenggaraan teranyar dengan beberapa kali Pilkada Makassar sebelumnya.

"Kita butuh berkali-kali pilkada hanya untuk membuat pilkada yang tenang, efektif dan cukup meriah saya rasa," ucap Farid.

2. Danny-Fatma ucapkan terima kasih ke semua pihak yang membantu

Instagram.com/f8makassar

Pada pidatonya, Danny Pomanto menyampaikan rasa syukur atas penetapannya sebagai calon wali kota terpilih. Dia menyatakan kemenangan Danny-Fatma sebagai hasil kerja keras semua tim yang terlibat, mulai dari partai pengusung, pendukung, dan simpatisan.

Danny juga berterima kasih kepada penyelenggara, yang menggelar pilkada dengn aman dan damai. "Izinkan saya berterima kasih kepada KPU dan seluruh komisioner. Saya sangat berbahagia pada pagi hari ini," kata Danny didampingi Fatma.

Baca Juga: Partisipasi Pemilih Pilkada Makassar Naik tapi Masih Rendah

Berita Terkini Lainnya