TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenag Sulsel Perpanjang Rekrutmen Petugas Haji 2023 

Simak syarat umum dan khusus bagi calon petugas haji di sini

Ilustrasi. ANTARA FOTO/M N Kanwa

Makassar, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan masih membuka rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan Arab Saudi tahun 2023.

Humas Kanwil Kemenag Sulsel Mawardi Siradj mengatakan perpanjangan pendaftaran rekrutmen PPIH ini berlaku sampai tanggal 20 Januari 2023. Perpanjangan masa rekrutmen berlaku untuk semua Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia, termasuk Sulsel.

"Alhamdulillah untuk rekrutmen PPIH masih diperpanjang, hal itu berdasarkan surat keputusan dari Kementerian Agama RI," kata Mawardi Siradj kepada IDN Times Sulsel, Kamis pagi (19/1/2023).

Baca Juga: Seleksi Petugas Haji 2023 Dibuka secara Online, Minat Daftar?

1. Rincian kebutuhan petugas haji untuk Sulsel

Ilustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Mawardi merincikan, rekrutmen untuk menjaring calon petugas haji Sulsel. Petugas terdiri dari ketua kloter 19 orang, pembimbing ibadah kloter 19 orang, PPIH layanan akomodasi lima orang, dan PPIH layanan konsumsi sebanyak  tiga orang.

"Lalu ada PPIH layanan transportasi sebanyak dua orang, kemudian petugas PPIH pelayanan ibadah ada satu orang dan petugas PPIH layanan Siskohat itu ada satu orang. Ini khusus di Sulsel," kata Mawardi dalam keterangannya.

2. Syarat umum dan khusus bagi calon petugas haji

Ilustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Ada beberapa persyaratan umum bagi calon petugas haji. Di antaranya, warga negara Indonesia, beragama Islam, berbadan sehat. Selanjutnya, berkomitmen memberikan layanan kepada jemaah haji, memiliki integritas dan rekam jejak yang baik, dan mampu mengoperasikan perangkat teknologi dan juga informasi.

Selain itu ada persyaratan khusus. Di antaranya, ASN Kemenag, unsur perguruan tinggi, organisasi masyarakat islam, dan pondok pesantren. Kedua, memahami fiqih manasik dan alur perjalanan haji. Ketiga, diutamakan berpendidikan S1 atau sederajat. Keempat, diutamakan yang sudah menunaikan ibadah haji. Kelima, memiliki sertifikat pembimbing manasik, bagi calon pembimbing ibadah. Pendaftaran dibuka secara online.

"Peserta yang lolos verifikasi dokumen mengikuti seleksi CAT tahap 1 pada 25 Januari 2023... Tahap 2 seleksi CAT dan wawancara itu nanti pada tanggal 31 Januari 2023 mendatang," kata Mawardi.

Baca Juga: Kemenag Buka Seleksi Petugas Haji 2023, Simak Syaratnya

Berita Terkini Lainnya