TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Stadion Barombong di Sulsel Mangkrak, Bisakah Dilanjutkan Kembali?

Stadion Barombong mangkrak sejak 2019

Stadion Barombong. instagram/noval_syarif

Makassar, IDN Times - Proyek pembangunan Stadion Barombong yang kini mangkrak kembali diungkit. Pasalnya, pembangunan kembali Stadion Mattoanging yang telah dirobohkan hingga kini belum ada kejelasan.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Irfan AB, merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk melanjutkan kembali pembangunan Stadion Barombong.

"Kita berharap Barombong daripada jadi besi tua di sana, Rp 300 milliar ini. Kalau tidak mau dibangun mending kasih saja ke penjual besi tua lalu kita timbang," kata Irfan.

1. Dewan desak pembangunan stadion

Dok. Pribadi Rahman Pina

Ketiadaan stadion di Kota Makassar menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya, klub sepak bola PSM Makassar beberapa waktu lalu telah ditasbihkan sebagai juara Liga 1 musim 2022-2023 sedangkan tidak memiliki stadion kandang di Kota Makassar.

Sejak bangunan Stadion Mattoanging dirobohkan pada Oktober 2020, PSM beralih sementara ke Stadion Gelora Habibie. Di sisi lain, sejumlah pihak mendorong kelanjutan kembali pembangunan Stadion Barombong jika memang Stadion Mattoanging belum bisa dibangun kembali.

Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Rahman Pina, mengatakan tidak ada pilihan lain bahwa stadion harus dibangun sebab merupakan kebutuhan olahraga. Pihaknya berharap stadion bisa dibangun tahun ini namun jika tidak memungkinkan maka bisa dilanjutkan tahun depan.

"Mudah-mudahan penyerahan tropi nanti ke PSM juga dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan stadion," kaya Rahman Pina.

2. Pemkot sempat ingin ambil alih Stadion Barombong

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Pada 2022 lalu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto memang berkeinginan untuk mengambil alih proyek Stadion Barombong dari Pemprov Sulsel. Hal ini karena Makassar tidak lagi memiliki bangunan stadion usai Stadion Mattoanging dirobohkan.

Danny bahkan telah menyerahkan surat permohonannya kepada Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kala itu. Hanya saja, keinginan Danny itu harus kandas lantaran tak mendapatkan restu dari Pemprov Sulsel.

Stadion Mattoanging menjadi dalih Pemprov untuk tidak memberikan Danny izin mengambil alih Stadion Barombong. Pemprov menyatakan akan fokus pada pembangunan Stadion Barombong. Sayangnya, belum ada tanda-tanda stadion tersebut akan dibangun.

Baca Juga: Stadion Barombong dan Mattoanging, Gelagat Politik Danny dan Sudirman

Berita Terkini Lainnya