Parasut Tak Terbuka, Prajurit TNI AU Kecelakaan saat Terjun Payung

Prajurit TNI AU alami insiden saat terjun payung di Maros

Makassar, IDN Times - Satu prajurit TNI Angkatan Udara (AU) Batalyon Kopasgat, mengalami kecelakaan saat melakukan terjun payung di wilayah udara Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin siang (10/7/2023).

Insiden kecelakaan terjun payung salah satu prajurit TNI AU ini, terekam oleh kamera warga Maros yang melintas di jalan poros. Video durasi 26 detik yang tersebar pun viral di medsos.

Ada 2 video yang beredar, video pertama 26 detik menunjukan prajurit TNI AU yang hendak terjun payung tapi parasutnya tidak terbuka, hingga korban terjatuh di sebuah lokasi di Maros. Lalu, video 2 berduradsi 17 detik, nampak korban terbaring dan terlihat menahan kesakitan.

"Alhamdulillah saat ini semuanya sudah tertangani, dan mohon doa kepada prajurit agar lekas pulih," kata Kepala Penerangan (Kapen) Akademi Angkatan Udara, Mayor Sus Sendang Arum Mahardani kepada wartawan saat dikonfirmasi, senin siang.

1. Payung tidak mengembang, angin tidak stabil

Parasut Tak Terbuka, Prajurit TNI AU Kecelakaan saat Terjun Payungilustrasi orang melakukan hobi (unsplash.com/Vlad Hilitanu)

Melalui keterangan tertulisnya, Mayor Sus Sendang tidak menyebutkan prajurit identitas prajurit yang mengalami kecelekaan terjun payung. Namun, dia memastikan bahwa insiden itu terjadi akibat payung parasut gagal mengembang.

"Permasalahannya pada payung yang tidak mengembang sempurna, dan kondisi angin yang relatif tidak stabil," ungkap Sendang.

2. Prajurit TNI yang terjatuh alami dislokasi pada lengan

Parasut Tak Terbuka, Prajurit TNI AU Kecelakaan saat Terjun PayungTangkapan layar video prajurit TNI AU kecelakaan saat melakukan terjun payung di Maros, Sulawesi Selatan. Dok. IDN Times/Istmewa

Akibatnya, prajurit Kopasgat yang tidak disebut namanya itu berputar-putar dengan parasutnya hingga terjatuh ke sisi jalan. Prajurit itu juga disebut mengalami dislokasi atau pergeseran tulang.

"Saat ini kondisi penerjun dari Kopasgat keadaan baik dan stabil, meskipun adanya dislokasi di lengan kiri," jelas Sendang.

3. Prajurit yang alami insiden sedang aksi rutin dan refreshing

Parasut Tak Terbuka, Prajurit TNI AU Kecelakaan saat Terjun PayungTangkapan layar video prajurit TNI AU kecelakaan saat melakukan terjun payung di Maros, Sulawesi Selatan. Dok. IDN Times/Istmewa

Mayor Sus Sendang menambahkan, aksi prajurit yang melakukan terjun payung tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan prajurit sebagai ajang refreshing.

"Kegiatan terjun itu merupakan kegiatan rutin, sebagai refreshing terjun di drop zone yang telah ditentukan," singkat Sendang.

Baca Juga: Keluarga Virendy Tagih Polres Maros soal Penetapan Tersangka

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya