Menpora Dito Jadi Pembicara Youth City Changers di Maros Hari Ini

Salah satu rangkaian Rakernas APEKSI di Makassar

Makassar, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo akan jadi pembicara inspiratif pada ajang Youth City Changers di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros, hari ini, Senin (10/7/2023).

Youth City Changers salah satu event pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI di Kota Makassar pada 10 hingga 14 Juli 2023. Kegiatan ini rencananya diikuti 3000-an pemuda dari 98 kota se-Indonesia peserta APEKSI, termasuk melibatkan delegasi pemuda Singapura. Youth City Changers akan menghadirkan tokoh inspiratif dan akan membahas satu tema yakni 'Merebut 2045'.

"Alhamdulillah pak Menpora sudah konfirmasi akan hadir," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Andi Pattiware, Minggu (9/07/2023).

Baca Juga: Para Wali Kota Berkumpul, Ini Agenda Rakernas APEKSI 2023 di Makassar

1. Forum diskusi diikuti delegasi pemuda

Menpora Dito Jadi Pembicara Youth City Changers di Maros Hari IniAPEKSI jalankan program Youth City Changers (YCC) di Youth Center Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (7/8/2022). (Dok. APEKSI)

Selain Menpora, beberapa pembicara lain juga akan hadir yaitu Ketua Umum APEKSI yang Wali Kota Bogor Bima Arya serta Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Mereka akan berbagi pengalaman dan wawasan mereka dalam mencapai kesuksesan sebagai bentuk motivasi kepada para pemuda.

"Nanti masing-masing pembicara kita berikan waktu 15-20 menit membahas tema yang kita angkat," katanya. 

Pattiware menyebut event Youth City Changers sangat penting karena pemuda memiliki peran yang cukup besar terhadap kemajuan sebuah kota. Untuk itu, ada beberapa rangkaian kegiatan seru di Youth City Changers seperti, Social Night and Bonfire, Forum Diskusi, Commission Meeting, hingga Inspirational Talkshow.

"Jadi nanti ada juga forum diskusi dan itu tidak hanya diikuti delegasi pemuda Indonesia tapi juga teman-teman pemuda dari Singapura," ujar Pattiware.

2. Membahas pembangunan kota maju

Menpora Dito Jadi Pembicara Youth City Changers di Maros Hari IniAPEKSI jalankan program Youth City Changers (YCC) di Youth Center Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (7/8/2022). (Dok. APEKSI)

Lebih lanjut, para delegasi yang dibagi menjadi empat komisi nantinya akan membahas isu-isu strategis berkaitan dengan pembangunan kota maju. Forum ini juga melibatkan delegasi pemuda Singapura.

Delegasi pemuda baik Indonesia maupun Singapura akan membahas empat tema. Diantaranya, digitalization, future leader, empowerment, dan sustainability.

"Mereka nanti akan menyuarakan pandangan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dibahas," kata Pattiware.

Bahkan, akan ada sesi khusus Singapore-Indonesia Youth Bilateral Forum yang membahas terkait peningkatan hubungan kerja sama antar pemuda Indonesia dan Singapura. Selanjutnya, akan ada Commission Meeting yang hanya melibatkan delegasi pemuda dari 98 kota di Indonesia. 

Mereka akan menganalisis secata mendalam, mengusulkan kebijakan, dan merumuskan langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan pembangunan yang diinginkan.

"Hasilnya akan disampaikan pada saat puncak acara Rakernas APEKSI XVI di hadapan 98 wali kota se-Indonesia," kata Pattiware.

3. Danny siap sambut peserta rakernas

Menpora Dito Jadi Pembicara Youth City Changers di Maros Hari IniWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Dok. Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto terus mematangkan persiapan event Youth City Changers yang menjadi rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI XVI di Makassar. Mulai dari venue, logistik, air bersih, hingga keamanan. 

Persiapan itu dikarenakan bukan hanya delegasi pemuda dari 98 kota yang akan hadir, melainkan karena ada juga pemuda dari Singapura. Danny ingin agar delegasi dari Singapura juga terkesan dengan agenda nasional ini.

"Awal dari event seperti APEKSI kesan pertama yang sangat menentukan. Event yang pertama adalah Youth City Changers di Tokka, kalau ini sukses maka akan membuat orang antusias sehingga acara ini yang sangat menentukan," kata Danny.

Baca Juga: Dihadiri Jokowi, Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung buat Capres

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya