Dihadiri Jokowi, Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung buat Capres

Rakernas XVI APEKSI digelar di Makassar 10-14 Juli 2023

Makassar, IDN Times - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 10-14 Juli 2023. Digelar di tahun politik, Rakernas akan menghadirkan bakal calon presiden 2024.

Rencana mengundang bakal capres disampaikan Ketua Umum APEKSI Bima Arya dalam rapat persiapan Rakernas, baru-baru ini. Rapat secara virtual itu diikuti seluruh pengurus dan peserta APEKSI, termasuk Wali Kota Makassar M. Ramdhan Pomanto selaku tuan rumah.

Saat ini ada tiga kandidat yang mengemuka dalam bursa bakal capres. Yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

"Kita juga merencanakan mengundang para capres, yang sudah resmi itu baru Ganjar Pranowo, tapi mudah-mudahan yang lain segera ada kepastian," kata Bima Arya dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga: Makassar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Apeksi XVI 2023 

1. Capres diberi ruang menyampaikan gagasan

Dihadiri Jokowi, Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung buat CapresIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Bima Arya mengatakan Rakernas APEKSI XVI memberi ruang para bakal capres untuk menyampaikan gagasannya. Sebab substansi Rakernas APEKSI XVI tahun ini mengusung isu-isu besar untuk bisa ditindaklanjuti capres yang terpilih nanti.

"Nanti kita atur secara teknis, tapi paling tidak kita tidak akan munculkan mereka dalam satu panel dan tidak ada sesi debat," ujarnya.

"Jadi ini (Rakernas APEKSI) menjadi tempat untuk kita mempersilahkan bakal capres untuk masing-masing menyampaikan gagasannya di waktu dan sesi yang berbeda," Bima menambahkan.

2. Presiden Jokowi diagendakan hadir

Dihadiri Jokowi, Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung buat CapresPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Bima Arya mengatakan, Presiden Joko Widodo bakal hadir dan membuka Rakernas XIV APEKSI 2023 di Makassar. Dia menyebut undangan sudah dilayangkan dan telah diketahui oleh Presiden.

Insya Allah beliau akan memenuhi. Semoga tidak ada hal-hal yang urgen sehingga Pak Presiden bisa hadir di Makassar," kata Bima Arya.

Rakernas APEKSI XVI berbeda dari edisi sebelumnya karena merupakan agenda terakhir yang dilaksanakan oleh Pengurus APEKSI saat ini. Sebagian besar wali kota akan mengakhiri masa jabatannya dan merupakan agenda rakernas terakhir periode Presiden Jokowi.

"Karena ini rakernas terakhir dan periode terakhir pengurusan kita tentu maknanya sangat berbeda. Subtansinya kita ingin ada isu besar yang kita usung di Rakernas APEKSI nanti," Bima menerangkan.

3. Makassar siap jadi tuan rumah

Dihadiri Jokowi, Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung buat CapresOrang-orang menunggu momen matahari terbenam di Anjungan Pantai Losari Makassar (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Wali Kota Danny Pomanto menyampaikan kesiapan Pemkot Makassar menjadi tuan rumah. Selama lima hari, tercatat ada sebelas rangkaian acara yang telah disiapkan Pemkot untuk memeriahkan Rakernas.

“Sejumlah kegiatan ini kita susun akan mewarnai perhelatan Rakernas APEKSI, kita akan membuat momen ini menjadi acara bersejarah yang pantas dikenang,” kata Dany.

Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI dimulai pada hari Senin (10/07/2023) dengan agenda Youth City Changer yang dilangsungkan hingga Selasa (11/07/2023) di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros. Danny Pomanto menuturkan kegiatan ini merupakan ajang kolaborasi dari delegasi kaum muda dari 98 Kota seluruh Indonesia.

“Kegiatan Youth Summit ini akan menghadirkan 2.000 anak muda untuk saling berkolaborasi dan berperan aktif untuk mengeluarkan ide-ide kreatif mereka dalam menciptakan strategi membangun kota,” ucapnya.

Jamuan makan malam seluruh Wali Kota se-Indonesia digelar pada Selasa malam, di Anjungan Pantai Losari. Tamu undangan akan disuguhkan berbagai hiburan dan Kuliner Khas Kota Makassar, pengenalan profil Makassar dan APEKSI, dan penyerahan cinderamata.

Lanjut, Karnaval Seni Budaya sebagai salah satu agenda kebudayaan turut dilangsungkan dalam memeriahkan Rakernas APEKSI VXI ini. Karnaval ini dilangsungkan di Jembatan Toraja Center Point of Indonesia (CPI) pada 12 Juli 2023.

Lalu, pembukaan Rakernas Apeksi XVI dimulai pada malam harinya di Hotel Upperhils Convention Center. Direncanakan, Rakernas Apeksi XVI dibuka Presiden RI Joko Widodo.

Dilanjutkan dengan agenda pleno dan panel hingga esoknya, Kamis (13/07/2023). Di hari yang sama, turut dilaksanakan empat kegiatan pendukung, diantaranya city tour dan ladies program di Benteng Rotterdam, fun sport di Anjungan Pantai Losari, serta penanaman pohon bersama seluruh Wali Kota se-Indonesia dan istri di CPI.

Hari terakhir Rakernas APEKSI ditutup dengan kegiatan Penutupan Investmen Forum dan Indonesian City Expo. Setelah itu seluruh wali kota beserta istri akan berjalan-jalan menikmati Kota Makassar sembari berwisata kuliner.

Baca Juga: Rakernis APEKSI, Danny Buka Lebar Peluang Investasi di Kota Makassar 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya