Para Wali Kota Berkumpul, Ini Agenda Rakernas APEKSI 2023 di Makassar

Para wali kota dari se-Indonesia bakal bertemu

Makassar, IDN Times - Para wali kota Indonesia bakal bertemu dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI di Makassar. Agenda ini akan berlangsung mulai Senin 10 Juli hingga Jumat 14 Juli 2023.  

Tujuan utama dari rakernas ini adalah untuk mengkonsolidasikan semua kekuatan, tantangan dan kendala pemerintah kota dalam pembangunan. APEKSI adalah sebuah organisasi yang menaungi seluruh pemerintah kota di Indonesia.

Menjelang penyelenggaraannya, sebanyak 85 wali kota se-Indonesia telah dikonfirmasi bakal hadir. Kemudian, ada 6 asosiasi pemerintah kota yang terkonfirmasi diwakili. Dengan demikian, ada 91 perwakilan asosiasi pemerintah kota di seluruh Indonesia yang akan hadir. 

"85 wali kota insyaallah hadir langsung, 6 diwakili," kata Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Makassar Zulfitrah, Kamis, (6/07/2023).

Baca Juga: 85 Wali Kota Berkumpul di Rakernas APEKSI di Makassar

1. Membahas peningkatan daya saing kota

Para Wali Kota Berkumpul, Ini Agenda Rakernas APEKSI 2023 di MakassarAktivitas para wali kota rangkaian HUT Apeksi di Bandar Lampung, Sabtu (28/5/2022). (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Beberapa isu yang akan dibahas oleh para wali kota yakni mulai dari isu kepemudaan, peningkatan daya saing kota, budaya, lingkungan hidup, hingga peluang investasi.  Semua isu-isu ini akan dikemas dalam beberapa rangkaian kegiatan.

Pada hari pertama yakni Senin 10 Juli 2023, rangkaian rakernas APEKSI akan dimulai dengan kegiatan bertajuk Youth City Changer. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari hingga 11 Juli 2023 di Lapangan Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros.

Kegiatan ini akan menghadirkan 98 pemuda/pemudi terbaik dari seluruh kota di Indonesia untuk saling berkolaborasi dan berperan aktif dalam mengeluarkan aspirasi dan ide-ide kreatif. Kemudian pada Selasa 11 Juli 2023, ada event gala diner bertajuk 'Kota Makassar Surga Makanan Enak' di anjungan Pantai Losari.

Pada hari ketiga yakni 12-13 Juli 2023, pembukaan forum rakernas secara resmi yang diawali dengan seremonial menabuh gendang oleh Presiden Republik Indonesia. Opening ceremony ini akan berlangsung di Upperhills Convention Center.

Dalam forum tersebut ada rapat pleno dan panel. Para wali kota akan berdiskusi membahas bagaimana mewujudkan Indonesia yang kuat melalui peningkatan daya saing kota. Kemudian ada sidang komisi I dan sidang komisi II. Hasil rakernas akan dibacakan dalam agenda ini.

2. Ada berbagai kegiatan seni dan budaya

Para Wali Kota Berkumpul, Ini Agenda Rakernas APEKSI 2023 di MakassarSejumlah penari dalam puncak perayaan HUT ke-414 Kota Makassar di Anjungan Pantai Losari, Selasa (9/11/2021). Humas Pemkot Makassar

Pada Rabu 12 Juli 2023, ada karnaval seni budaya di Center Point of Indonesia. Dalam karnaval ini, perwakilan dari tiap kota akan pawai menggunakan pakaian adat khas daerah masing-masing. Kemudian pada 12-14 Juli 2023, ada event Indonesia City Expo juga di Center Point of Indonesia.
 
Pada Kamis 13 Juli 2023, para wali kota akan mengikuti kegiatan fun sport yaitu bersepeda santai di anjungan Pantai Losari. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon 300 tabebuya.  

Pada Kami 13 Juli 2023, ada kegiatan City Tour di Benteng Rotterdam. Pada 13 Juli 2023, ada event bertajuk 'Ladies Program' di Benteng Rotterdam. Dalam event ini, akan ada talkshow, demo memasak dan peragaan busana. 

Selanjutnya pada Kami 13 Juni 2023, ada kegiatan Makassar Investment Forum di Hotel Claro. Dalam agenda ini, masing-masing pemerintah kota akan membuka peluang kerja sama dan investasi.  

3. Wali Kota Makassar sebut APEKSI punya peran penting

Para Wali Kota Berkumpul, Ini Agenda Rakernas APEKSI 2023 di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan bahwa tahun 2023 merupakan momentum di mana beberapa kepala daerah akan mengakhiri masa kepemimpinannya sekaligus masyarakat akan menghadapi pemilihan umum. Ditambah lagi, Indonesia telah menghadapi pandemik COVID-19 yang telah meninggalkan duka dan pelajaran berharga.

"APEKSI dalam hal tersebut tentu saja memegang peran dan posisi strategis untuk mengkonsolidasikan kekuatan-kekuatan kota, dan mensinergikan kekuatan pemda," kata Danny melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Semarak Rakernas APEKSI, Pemkot Makassar Tanam Ratusan Pohon Tabebuya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya