Semarak Rakernas APEKSI, Pemkot Makassar Tanam Ratusan Pohon Tabebuya

Upaya pelestarian lingkungan jadi salah satu fokus kegiatan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mengagendakan penanaman ratusan pohon Tabebuya, sebagai penyemarak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Rakernas APEKSI digelar di Makassar pada 10 hingga 14 Juli 2023.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Ferdy Mochtar mengatakan, salah satu fokus utama kegiatan adalah uoaya pelestarian lingkungan dan keberlanjutan. Penanaman pohon dianggap sebagai upaya nyata mewujudkan lingkungan hijau dan sejuk.

Baca Juga: Dihadiri Jokowi, Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung buat Capres

1. Penanaman pohon dipusatkan di CPI

Semarak Rakernas APEKSI, Pemkot Makassar Tanam Ratusan Pohon TabebuyaPenampakan Taman Emmy Saelan di CPI Makassar dari udara. Dok. BPJAMSOSTEK

Ferdy mengatakan, ratusan pohon tabebuya akan ditanam oleh peserta rapat kerja APEKSI. Lokasi penanaman dipusatkan di kawasan reklamasi pantai Center Point of Indonesia (CPI).

Para peserta dari seluruh Indonesia akan diberikan bibit pohon Tabebuya. Mereka dibantu oleh petugas yang telah disiapkan untuk proses penanaman yang efektif dan tepat.

"Dilihat dari lokasi yang akan ditanami, kurang lebih ada 150 pohon yang akan ditanami jenis Tabebuya. Lokasinya di CPI karena di sana adalah salah satu lokasi ruang terbuka hijau," kata Ferdy dalam keterangannya, Selasa (4/7/2023).

2. Tabebuya dipilih karena tampilannya estetik

Semarak Rakernas APEKSI, Pemkot Makassar Tanam Ratusan Pohon TabebuyaIlustrasi pohon tabebuya. IDN Times/Reza Iqbal

Ferdy mengungkapkan, pohon Tabebuya dipilih karena memiliki nilai estetika yang tinggi. Pohon itu menghasilkan bunga berwarna-warni yang indah dan dedaunan yang rimbun. Selain itu, juga dikenal tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, sehingga cocok untuk ditanam di daerah perkotaan.

Ferdy berharap, penanaman pohon Tabebuya ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan, baik dalam menjaga kelestarian lingkungan maupun memberikan kenyamanan visual bagi masyarakat. Pohon-pohon yang tumbuh subur akan memberikan keuntungan ekologis seperti penyerapan karbon, perlindungan terhadap erosi tanah, dan peningkatan kualitas udara.

"Salah satu tujuannya juga untuk menambah RTH di Makassar. Kalau RTH banyak, otomatis tingkat kualitas udara akan jauh lebih bagus," jelasnya.

3. Bagian dari komitmen APEKSI mewujudkan kelestarian lingkungan

Semarak Rakernas APEKSI, Pemkot Makassar Tanam Ratusan Pohon TabebuyaBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Penanaman pohon Tabebuya dalam rapat kerja APEKSI di Makassar juga disebut Ferdy menjadi langkah nyata dan bukti konkret dari komitmen APEKSI dan seluruh peserta Rakernas dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keberlanjutan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan alam.

"Karena konservasi alam dan upaya pelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama yang akan berdampak positif bagi generasi masa depan," kata Ferdy.

Baca Juga: Jokowi Bakal Hadiri Rakernas APEKSI di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya