TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kontainer Makassar Recover Dijadikan Posko 41 Layanan Masyarakat

Untuk mendekatkan pelayanan publik

Rapat koordinasi di kediaman Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah, Sabtu (1/7/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menjadikan kontainer Makassar Recover sebagai posko 41 layanan masyarakat. Hal itu merupakan upaya Pemkot Makassar untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Danny menyebut langkah ini dengan Kontainer Terpadu atau Konter. Dia ingin agar kontainer itu tak sepi dari pelayanan publik juga sebagai pusat penyelesaian masalah masyarakat. 

Hal ini disampaikan Danny sela-sela rapat koordinasi bersama SKPD, di kediamannya Jl Amirullah, Sabtu, 1 Juli 2023. 

"Semuanya ada di situ, ada capil, kesehatan. Jadi merupakan pelayanan terpadu. Pusat pemulihan seluruh persoalan," ujar Danny.

1. Durasi pelayanan diatur

Kontainer Makassar Recover di Jalan Veteran Utara, Kelurahan Maradekayya Selatan, Kecamatan Makassar. IDN Times/Istimewa

Nantinya, durasi pelayanan ditentukan berapa lama. Sementara kegiatan yang termasuk dalam pelayanan sosial kemasyarakatan dan kegawatdaruratan mendapat porsi jam kerja penuh hingga 24 jam. Beberapa kegiatan lainnya akan berjalan sesuai jam kerja yaitu 08.00 sampai 17.00 WITA. 

Kategori layanan kesehatan dan pelatihan ekonomi mendapat porsi waktu sekitar dua jam. Layanan tersebut di antaranya yaitu Posbindu, Poslansia, Posyandu, Kelas Ibu Hamil dan Posko Stunting dan KB dan sebagainya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bakal Gelar Pasar Murah di Kontainer Makassar Recover

2. Danny akan buatkan SK

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny akan membuat SK agar daftar layanan itu segera dapat ditindaklanjuti. Dia langsung mengarahkan kepada masing-masing instansi terkait untuk bertanggungjawab atas layanan mereka pada 143 kontainer di tiap kelurahan itu.

Danny berharap dengan adanya kebijakan baru ini aksesibilitas terhadap pelayanan sipil makin baik bagi semua. Selanjutnya, implementasi teknis akan digelar masing-masing kelurahan sekaligus mengumumkan sejak kapan dimulai dan durasi waktu tiap-tiap pelayanan.

Baca Juga: Kontainer Makassar Recover Diubah jadi Posko Program Jagai Anakta

Berita Terkini Lainnya