TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cadangan Beras Sulsel Diklaim Aman meski Ada Ancaman Kekeringan

Aman sampai akhir tahun 2024

Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin meninjau stok beras di gudang Bulog Makassar, Selasa (3/10/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklaim cadangan beras aman di tengah terjadinya musim kemarau yang menyebabkan kekeringan masih terjadi. Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat meninjau Gudang Bulog di Makassar, Selasa (3/10/2023).

Dari hasil peninjauannya, dia menerima laporan bahwa stok beras untuk wilayah Sulsel masih cukup hingga November 2023.

"Walaupun ada kekeringan di beberapa tempat tapi manajemen logistik beras kita, terutama itu cukup baik di Sulsel. Insyaallah stok ini cukup," kata Bahtiar.

1. Masih ada kenaikan harga beras di pasar

ilustrasi beras (pexel)

Namun Bahtiar tak menampik masih adanya kenaikan harga beras di pasaran, termasuk di Makassar. Untuk menekan harga beras agar tidak semakin melonjak, Pemprov berencana menggelar pasar murah untuk masyarakat.

"Saya kira kami lakukan upaya-upaya maksimal, satu dua hari ke depan, atau satu minggu ke depan supaya kita bisa menstabilkan harga itu. Salah satu bentuknya adalah pasar-pasar murah," kata Bahtiar.

Baca Juga: Ada Stok 42000 Ton, Bulog Pastikan Ketersediaan Beras di Sulsel Aman

2. Stok beras diprediksi masih bertambah

Ilustrasi buruh tani memanggul gabah usai panen di areal persawahan padi. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Pimpinan Wilayah Perum Bulog Sulselbar, Muhammad Imron Rosidi, juga memastikan ketersediaan beras cukup sampai akhir tahun 2023. Bahkan stok diprediksi masih terus bertambah seiring panen di beberapa tempat.

Bukan hanya di Makassar melainkan stok di wilayah Sulselbar secara keseluruhan juga masih cukup.

"Kalau bicara stok, tidak bisa bicara angka. Paling penting kita tersedia paling nggak sampai akhir tahun. Karena ini secara reguler akan datang terus berasnya ini. Tidak usah khawatir," katanya.

Baca Juga: Stok 13 Ribu Ton, Bulog Sebut Beras Sulsel Aman Hadapi El Nino

Berita Terkini Lainnya