Kebakaran di TPA Sumompo Manado Masih Berlangsung, Ruas Jalan Ditutup

Sejumlah warga memilih mengungsi

Manado, IDN Times - Hingga Senin (2/10/2023), kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo di Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara, masih terus berlangsung. Wali Kota Manado, Andrei Angouw, akhirnya meninjau kebakaran tersebut.

Di sana, ia hanya meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manado mengupayakan segala cara agar api bisa cepat dipadamkan. "Coba lakukan berbagai cara, yang penting secara ilmiah," ucap Andrei.

Hingga saat ini, Pemkot Manado masih juga belum mengevakuasi warga sekitar TPA Sumompo. Andrei mengaku pihaknya masih fokus memadamkan api. “Nanti kita akan melihat ke depannya seperti apa," tambahnya.

1. Warga inisiatif mengungsi

Kebakaran di TPA Sumompo Manado Masih Berlangsung, Ruas Jalan DitutupSeorang warga dan seekor anjing yang berada di sekitar TPA Sumompo, Kota Manado, Sulawesi Utara, Minggu (1/10/2023). Kebakaran diperkirakan terjadi sejak pukul 15.00 Wita. IDNTimes/Savi

Kebakaran yang tak kunjung usai juga membuat asap menyebar cepat. Hal itu membuat warga Kelurahan Buha memilih mengungsikan keluarganya yang balita dan lansia secara mandiri.

“Mata sudah perih dan mulai sesak napas, jadi kami ungsikan,” kata Syane.

Rata-rata, bayi dan lansia tersebut diungsikan ke rumah keluarga yang lebih aman. Syane mengaku tidak tahu sampai kapan akan mengungsi. Ia akan menunggu hingga asap mereda.

2. Warga diminta menggunakan masker

Kebakaran di TPA Sumompo Manado Masih Berlangsung, Ruas Jalan DitutupKebakaran masih berlangsung di TPA Sumompo, Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (2/10/2023). IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Di sisi lain, warga yang masih tinggal atau beraktivitas di sekitar TPA Sumompo diminta menggunakan masker. Hal itu guna mencegah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Gas karbon monoksida berbahaya untuk kesehatan paru-paru, maka kami membagikan masker untuk menghindari hal tersebut," kata perwakilan Puskesmas Tuminting, dr. Billy.

Selain Puskesmas Tuminting, sejumlah komunitas juga membagikan masker ke warga.

Baca Juga: Dor! Perampok Lintas Daerah Ditembak Resmob Polda Sulsel di Manado

3. Sejumlah ruas jalan ditutup

Kebakaran di TPA Sumompo Manado Masih Berlangsung, Ruas Jalan DitutupWarga menyaksikan kebakaran TPA Sumompo dari Jalan Santiago, Tuminting, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (1/10/2023). IDNTimes/Savi

Asap tebal juga menyebabkan jarak pandang terbatas. Kapolsek Mapanget, Iptu Gusti Ayu, mengatakan sejumlah ruas jalan di Kelurahan Buha ditutup sementara.

“Asapnya tebal sekali soalnya, jarak pandang hanya 3 meter,” ujar Ayu.

Jarak pandang terbatas ditakutkan menjadi penyebab kecelakaan. Untuk memastikan kelancaran lalu lintas, Polsek Mapanget bekerja sama dengan Satpol PP Manado berjaga di sekitar Kelurahan Buha.

Baca Juga: TPA Sumompo di Kota Manado Kebakaran Sejak Sore

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya