Ternyata, Ini Sumber Anggaran Hadiah Melimpah Jalan Sehat Anti Mager

Pemprov Sulsel menyediakan doorprize di setiap jalan sehat

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjelaskan soal sumber anggaran pembiayaan program jalan sehat Sulsel Anti Mager. Setiap pelaksanaan jalan sehat itu di berbagai daerah selalu dimeriahkan berbagai doorprize atau hadiah menarik bagi peserta.

Plh. Sekda Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang menjelaskan, program Anti Mager menjadi program Pemprov Sulsel sebagai dorongan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat secara luas untuk gemar berolahraga. Selama ini pelaksanaannya gratis, atau tidak dipungut biaya apa pun.

Terkait masalah anggaran untuk hadiah, Darmawan Bintang mengungkapkan, merupakan sumbangan-sumbangan yang tidak mengikat dari pihak-pihak tertentu, yang tidak dipaksakan.

"Ini murni dari sponsor. Dan saya rasa wajar jika sponsor ini terlibat, karena mereka juga memasang reklame mereka di sepanjang jalan yang dilewati para peserta," kata Darmawan dalam keterangan pers yang dikutip, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Prabowo Subianto Hadiri Jalan Sehat Anti Mager HUT ke-356 Sulsel

1. Hadiah dari sponsor

Ternyata, Ini Sumber Anggaran Hadiah Melimpah Jalan Sehat Anti MagerSuasana kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulsel Setiawan Aswad menyatakan program Sulsel Anti Mager sama seperti kegiatan jalan sehat atau jalan santai pada umumnya. Yaitu panitia menyediakan doorprize berupa hadiah. Hadiah-hadiah ini bersumber dari sponsor atau pihak ketiga.

"Jadi hadiah-hadiah dari sponsor. Ini program jalan sehat atau jalan santai seperti pada umumnya," kata Setiawan Aswad.

2. Pemprov berkolaborasi dengan pemerintah daerah

Ternyata, Ini Sumber Anggaran Hadiah Melimpah Jalan Sehat Anti MagerGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di sela kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Selain dari sponsor, kata Setiawan Aswad, jika dilaksanakan di kabupaten kota, maka ada kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat. Karena biasanya, mereka yang meminta agar dilaksanakan di daerah mereka. Misalnya, ketika bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kota.

"Karena digalakkan kembali oleh Pak Gubernur, program ini sangat diminati masyarakat. Makanya, di daerah-daerah juga minta dilaksanakan. Tapi sekali lagi, hadiahnya dari sponsor," Setiawan menjelaskan.

Ia menambahkan, pembiayaan yang digunakan untuk program ini sudah sesuai ketentuan, yakni dari sponsor dan CSR.

3. Masyarakat diminta mendukung program jalan sehat Sulsel Anti Mager

Ternyata, Ini Sumber Anggaran Hadiah Melimpah Jalan Sehat Anti MagerIlustrasi jalan sehat. (Instagram/darmawangsyah.muin)

Akademisi Unhas, Lukman Irwan, menilai, kegiatan seperti Sulsel Anti Mager ini seharusnya perlu mendapatkan dukungan bersama dan lebih digiatkan. Sehingga, program-program pemerintah semakin mendapatkan dukungan yang kuat dari elemen kelompok masyarakat, dan bisa menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang harus riang gembira, khususnya dalam menyambut tahun politik.

"Harapan besar publik dan masyarakat Sulsel bahwa suasana sejuk akan senantiasa terjaga di semua elemen kelompok masyarakat dan kelompok politik sehingga masyarakat akan semakin teduh dalam menyongsong tahun politik 2024," kata Lukman.

Baca Juga: HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan Indonesia

Baca Juga: Pemprov Sulsel Dapat Kuota 755 PPPK Nakes dari Kemenpan RB

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya