Prabowo Subianto Hadiri Jalan Sehat Anti Mager HUT ke-356 Sulsel

Dihadiri ratusan ribu masyarakat dari berbagai daerah

Makassar, IDN Times - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, menghadiri kegiatan jalan sehat Anti Mager (malas gerak) dalam rangka HUT- 354 tahun Sulawesi Selatan (Sulsel) sekaligus 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Jalan sehat itu dilepas oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, bersama Prabowo dan Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu, (6/8/2023).

Kegiatan ini dihadiri ratusan ribu masyarakat Sulsel dari berbagai daerah bukan hanya di Makassar. Menurut panitia penyelenggara, ada 399.133 pendaftar baik secara luring maupun daring. 

Jalan sehat menempuh jarak 5 km lebih. Jalan sehat ini melalui rute start dari depan Rujab Gubernur Sulsel - Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Haji Bau - Jalan Penghibur - Jalan Ujung Pandang - Jalan Riburane - Jalan Ahmad Yani - Jalan Sudirman - finish depan Rujab.

"Saya sangat bangga diundang dalam rangka memperingati ulang tahun ke-354 Provinsi Sulawesi Selatan. Dari tadi malam mengikuti acara bersama kepala desa. Hari ini melepas gerak jalan anti mager," kata Prabowo.

1. Prabowo ingin belajar dari Sulsel

Prabowo Subianto Hadiri Jalan Sehat Anti Mager HUT ke-356 SulselMenteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (tengah) bersama Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kanan) dan Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman (kiri) di sela kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Prabowo menilai kegiatan anti mager sangat baik karena menggerakkan semua rakyat untuk memelihara kondisi kesehatan. Dia pun merasa gembira dapat melihat semangat kebersamaan dan kerukunana masyarakat Sulsel di kegiatan jalan sehat ini.

Probowo bahkan mengaku ingin banyak belajar dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Menurutnya, Sudirman memiliki banyak inisiatif luar biasa misalnya dalam meningkatkan produksi pangan, memperbaiki infrastruktur dan mengutamakan pendidikan SDM.

"Luar biasa terobosan menggunakan teknologi untuk sampai ke semua sekolah di semua daerah. Saya kira ini harus jadi pelajaran untuk daerah-daerah lain. Saya pun ingin belajar," kata Prabowo.

2. Sudirman sebut anti mager sebagai upaya jaga kesehatan

Prabowo Subianto Hadiri Jalan Sehat Anti Mager HUT ke-356 SulselGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di sela kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Di kesempatan yang sama, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulsel yang hadir dalam rangkaian HUT ke-356 Sulsel sekaligus HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Dia berharap program anti Mager ini menjadi sebuah budaya baru bagi Sulsel untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

"Karena Sulsel ini punya kuliner khas coto, konro, pallubasa semuanya makanan yang harus ada program membakarnya, termasuk salah satunya adalah program sulsel anti mage," kata Sudirman.

Di samping itu, dia juga menilai jalan sehat merupakan upaya untuk meningkatkan hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon yang membuat seseorang merasa senang.

"Supaya masyarakat kita ini lebih semangat setelah melewati masa pandemik dalam rangka pemulihan ekonomi," kata Sudirman.

Baca Juga: Alasan Projo Sulsel Dukung Prabowo-Airlangga di Pilpres: Kode Jokowi

3. Sudirman tegaskan Prabowo diundang sebagai Menhan RI

Prabowo Subianto Hadiri Jalan Sehat Anti Mager HUT ke-356 SulselSuasana kegiatan jalan sehat Anti Mager di depan Rujab Gubernur Sulsel, Minggu (6/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan terkait kedatangan Prabowo ke kegiatan jalan sehat ini. Dia menegaskan bahwa Prabowo datang dengan kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan RI. 

"Menteri Pertahanan Ri. Saya sebagai gubernur dan beliau sebagai Menteri Pertahanan, wajar dong kalau datang.

Dia mengatakan bahwa sebenarnya ada beberapa tokoh nasional lain yang juga diundang. Namun hanya Prabowo yang sempat datang.

"Kita ini menghadapi HUT ke-356 dan hari jadi Indonesia. Satu-satu kita fokus. Ada beberapa diundang lain cuma Pak prabowo datang. Kita harus sangat welcome kepada siapa saja," kata Sudirman.

Baca Juga: Prabowo Mau Pindahkan Makam Pangeran Diponegoro dari Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya