Festival Sandeq di Sulbar, Menpora Minta Digelar saat Haornas 2022

Pj Gubernur Sulbar paparkan rencana Festival Sandeq

Makassar, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik mematangkan persiapan kegiatan Festival Sandeq 2022, yang rencananya digelar pada September mendatang.

Persiapan kegiatan Festival Sandeq di Sulbar dipaparkan Akmal kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Pada pertemuan itu Menpora Zainudin Amali mengusulkan agar gelaran Festival Sandeq 2022 bisa dirangkaikan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September.

"Terkait usulan agar Festival Sandeq dirangkaikan dengan peringatan Haornas akan kita bicarakan. Tapi pada intinya kita siap dan patuh dengan usulan tersebut," terang Akmal Malik dalam rilis pers, Rabu.

1. Festival Sandeq tanpa bebani APBD

Festival Sandeq di Sulbar, Menpora Minta Digelar saat Haornas 2022Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik (kemeja putih) bertemu dengan Menpora Zainuddin Amali, Rabu (10/8/2022). Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini menyebutkan, pelaksanaan Festival Sandeq pada bulan September 2022 mendatang akan dibicarakan dengan wali kota Balikpapan dan pihak terkait di Pemprov Sulbar.

"Festival Sandeq ini sepenuhnya menggunakan sponsorship dari pihak swasta, tidak mengunakan APBD. Intinya semua elemen siap untuk menggelar dan menyukseskan Festival Sandeq. Ini jadi kebanggan kita," terang Akmal Malik.

2. Festival Sandeq akan diikuti sekitar 34 perahu

Festival Sandeq di Sulbar, Menpora Minta Digelar saat Haornas 2022Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik (kemeja putih) bertemu dengan Menpora Zainuddin Amali, Rabu (10/8/2022). Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Festival Sandeq akan diikuti sekitar 34 perahu Sandeq yang merupakan simbol dari 34 provinsi di Indonesia. Puluhan perahu Sandeq ini akan berlayar mengarungi Selat Makassar menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Ini merupakan simbol dari dukungan 34 provinsi di Indonesia untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara dan posisi Sulbar sangat strategis sebagai penopang utama, penyuplai kebutuhan ibu kota nantinya," Akmal menerangkan.

Baca Juga: Festival Sandeq 2022, Libatkan 34 Provinsi Simbol Dukungan untuk IKN

3. Bank BSI siap membantu

Festival Sandeq di Sulbar, Menpora Minta Digelar saat Haornas 2022Pertemuan antara Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik, dengan Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia, Arief Rosyid Hasan, Senin (25/7/2022). Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik juga bertemu dengan pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk menyukseskan Festival Sandeq di Mamuju.

Pembahasan terkait kerja sama tersebut dilakukan Akmal Malik saat bertemu dengan Komisaris Independen Bank BSI, Arief Rosyid Hasan di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Pada pertemuan itu, BSI melalui Arief Rosyid menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq.

"BSI sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka sudah menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022. Support ini akan sangat membantu upaya menyukseskan Festival Sandeq yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulbar," ujar Akmal Malik.

Baca Juga: Akmal Malik Temui Komisaris BSI, Bahas Dukungan untuk Festival Sandeq

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya