Pemkot Makassar Ancam Pidanakan Pihak Halangi Ambil Alih Pasar Butung

Masih ada penolakan dari sejumlah pihak

Makassar, IDN Times - Perumda Pasar Makassar Raya kembali menegaskan bahwa Pasar Butung merupakan aset Pemerintah Kota. Kini, pengelolaan aset tersebut berada di tangan Perumda Pasar.

Perumda Pasar mengaku telah mengeluarkan surat edaran hari ini. Surat itu untuk menegaskan bahwa Pasar Butung bukan lagi dikelola oleh KSU Bina Duta.

"Jelas beliau (wali kota) menegaskan bahwa selamatkan aset kita," kata Direktur Teknik PD Pasar Makassar Raya, Syamsul Tanca, di Balai Kota Makassar, Senin (9/10/2023).

1. Masih ada penolakan

Pemkot Makassar Ancam Pidanakan Pihak Halangi Ambil Alih Pasar ButungPemkot Makassar mengambil alih pengelolaan Pasar Butung. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Syamsul mengatakan hingga saat ini masih ada penolakan dari pihak KSU. Karena khawatir pedagang menjadi bingung, maka Perumda Pasar mengeluarkan surat edaran yang memperjelas perihal pengelolaan Pasar Butung itu.

Menurut Syamsu, tak sedikit pedagang yang bingung dengan pengelolaan pasar tersebut.

"Segala bentuk pembayaran itu ke PD Pasar. Apabila ada pembayaran di luar PD Pasar, dianggap tidak sah," kata Syamsu.

2. Aktivitas di Pasar Butung berjalan normal

Pemkot Makassar Ancam Pidanakan Pihak Halangi Ambil Alih Pasar ButungSuasana di dalam gedung Pasar Butung Makassar, Rabu (12/10/2022). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Syamsu menyebut aktivitas di Pasar Butung masih berjalan normal. Meskipun memang saat pasar ini resmi diambil alih, sempat terjadi kericuhan.

Tidak sedikit pedagang yang menutup tokonya. Namun menurut Syamsu, hal itu karena pedagang masih ragu dengan pengelolaan Pasar Butung.

"Ada yang ragu. Tapi kita yakinkan pedagang bahwa kami masuk ini untuk kepentingan pedagang supaya bisa berdagang tanpa tekanan, damai, diberikan kewajiban yang wajar," kata Syamsu.

Baca Juga: Danny Pomanto Tegaskan Pasar Butung Aset Pemkot Makassar

3. Pasar Butung dikawal aparat

Pemkot Makassar Ancam Pidanakan Pihak Halangi Ambil Alih Pasar ButungPolisi menurunkan ratusan polisi berjaga di kawasan Pasar Butung Makassar, Selasa malam (4/10/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Hingga saat ini, Pasar Butung masih dikawal oleh aparat kemanan yang terdiri dari Polres Pelabuhan, Satpol PP dan Dandim. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari potensi gesekan yang kemungkinan timbul usai diambilalihnya pengelolaan Pasar Butung.

"Kita selalu berprinsip bagaimana menghindari gesekan. Tetapi sudah ada penegasan bapak siapa pun oknum yang menghalangi, lapor. Selamatkan aset," kata Syamsu.

Baca Juga: Antisipasi Penyerangan, Ratusan Polisi Jaga Pasar Butung Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya