Comscore Tracker

PSM Makassar Cemaskan Kebangkitan Kalteng Putra

Tekad tim tamu keluar dari zona degradasi

Makassar, IDN Times - Pelatih Kepala PSM Makassar Darije Kalezic mengaku cemas jelang menghadapi Kalteng Putra. Kedua tim dijadwalkan berhadapan dalam laga lanjutan pekan ke-23 Liga 1 2019, di Stadion Mattoanging, Makassar, pada Rabu (7/11) besok.

Kekhawatiran Darije mencuat karena tim tamu bertekad tampil habis-habisan untuk memetik tiga poin penuh di kandang PSM. Belum lagi, motivasi Kalteng Putra keluar dari zona degradasi jika dapat menumbangkan tuan rumah.

“Saya perkirakan lawan besok akan menjadi lawan yang susah untuk dikalahkan. Pemain lawan nanti akan saya perkirakan akan sangat disiplin dan bermain sangat rapat dan cuman mengharapkan sesuatu kesempatan dari serangan balik,” kata Darije dalam konfrensi pers, Selasa (6/11).

1. Darije fokus pada lini pertahanan PSM

PSM Makassar Cemaskan Kebangkitan Kalteng PutraInstagram.com/psm_makassar

Darije mengungkapkan, PSM melakukan persiapan untuk mengawal ketat pemain tim lawan. Lini pertahanan timnya menjadi fokus utama agar dapat mengantisipasi setiap serangan yang dibangun Kalteng.

Sejumlah nama juga telah dipersiapkan untuk mengisi pos-pos pertahanan. Aron Evans dan kawan-kawan ditekankan Darije untuk tampil lebih agresif dan fokus sepanjang berjalannya laga.

“Oleh karena itu, saya juga berharap kita dapat mengorganisasikan pemain di belakang supaya lebih bagus. Baik saat kita tidak memiliki bola atau kehilangan bola. Saya juga berharap kepada semua pemain untuk selalu berpikir dalam hal pertahanan meskipun kita masih pegang bola,” ungkapnya.

2. PSM tidak diperkuat lima pemain inti

PSM Makassar Cemaskan Kebangkitan Kalteng PutraANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Tim Juku Eja harus tampil tanpa diperkuat sejumlah pemain inti. Khusus penggawa pertahanan, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam dan Firza harus absen hingga waktu yang belum bisa dipastikan.

Abdul Rahman dikabarkan mengalami cedera pergelangan kaki. Sementara dua bibit muda PSM, Asnawi dan Firza dipanggil untuk memperkuat Timnas U-19. Menyusul pemain tengah Bayu Gatra dan penyerang Guy Junior yang masih menjalani perawatan pascacedera.

Kendati begitu, Darije mengaku tak terlalu mempersoalkannya. Mengingat sejumlah pemain pengganti telah dipersiapkan untuk mengisi slot kosong yang ditinggal pemain lain. “Saya yakin atmosfir tim kita bisa baik dengan kondisi saat ini. Saya percaya dan yakin dengan semua pemain saya,” ucapnya.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-104, PSM Makassar Fokus Benahi Infrastruktur Tim 

3. Persiapan panjang bermanfaat untuk memperbaiki kondisi tim

PSM Makassar Cemaskan Kebangkitan Kalteng PutraSahrul Ramadan/IDN Times

Merujuk pada jadwal resmi, PSM harus melewatkan satu laga tunda. Sedianya, sebelum menghadapi Kalteng, Wiljan Pluim dan kawan-kawan lebih dulu melakoni tandang ke kandang Persebaya Surabaya pada Sabtu (2/11) lalu.

Namun karena persoalan teknis, pertandingan saat itu batal digelar. Penyelenggara terpaksa menyusun waktu tanding ulang untuk kedua tim. Bagi Darije, waktu tunda saat itu dapat dimanfaatkan untuk sedikit memoles kondisi timnya.

Mengingat saat ini, PSM masih berada dalam papan tengah klasemen sementara. Tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur masih duduk di peringkat ke-9 dengan modal 33 poin. Jika sukses memetik kemenangan, PSM dipastikan menggeser sementara posisi Persib Bandung yang menempati peringkat ke-8 dengan mengantongi 34 poin.

Baca Juga: Asa Kalteng Putra, Taklukkan PSM Makassar agar Keluar Zona Degradasi

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You