Comscore Tracker

Pemain PSM Makassar Jalani Tes Usap Jelang Latihan Perdana

Tes untuk mengetahui kondisi kesehatan pemain

Makassar, IDN Times - Para pemain PSM Makassar dijadwalkan menjalani tes kesehatan terkait COVID-19 pada hari ini, Jumat (4/9/2020). Tes digelar jelang tim kembali berlatih jelang lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2020.

Media Officer PSM Makassar Sulaiman Karim tidak menyebut siapa saja pemain yang dijadwalkan hadir. Juga tidak disebutkan apakah semua pemain PSM sudah berkumpul di Makassar untuk berlatih usai libur panjang selama pandemik.

"Pemain PSM akan melalukan tes swab, pukul 08.00 WITA pagi," kata Sulaiman lewat WhatsApp kepada wartawan, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga: Rencana Latihan PSM Belum Jelas, Seperti Ini Reaksi Para Suporter

1. PSM belum umumkan jadwal latihan

Pemain PSM Makassar Jalani Tes Usap Jelang Latihan PerdanaDok. PSM Makassar/Ahmad Alia

Sulaiman mengatakan, pemeriksaan kesehatan sebagian rangkaian agenda latihan PSM Makassar. Tapi dia belum menyebutkan kapan tim akan kembali berkumpul untuk latihan.

Skuat PSM, seperti klub lain peserta Liga 1, libur panjang selama pandemik mulai melanda Indonesia pada awal Maret 2020.

"PSM akhirnya menentukan jadwal latihan setelah mendapat kepastian jadwal liga," ucap Sulaiman.

2. Liga 1 dilanjutkan mulai 1 Oktober

Pemain PSM Makassar Jalani Tes Usap Jelang Latihan PerdanaLiga-Indonesia.id

PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kamis , resmi merilis jadwal lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020 yang akan dimulai pada 1 Oktober mendatang. Kompetisi kasta teratas sepak bola Tanah Air itu dilanjutkan dari pekan keempat.

PT LIB telah mengirimkan jadwal lanjutan Shopee Liga 1 2020 kepada para kontestan melalui surat bernomor 291/LIB-KOM/IX/2020 perihal Penyampaian Jadwal Pertandingan “Extraodinary Competition” Liga 1 2020.

Direktur Operasional PT LIB, Irjen. Pol. (P) Drs. Sudjarno mengatakan, penyampaian jadwal pertandingan tersebut usai memerhatikan hasil dari virtual meeting dan club meeting antara PSSI, PT LIB dan 18 klub peserta beberapa waktu lalu.

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan dilanjutkan pada 1 Oktober, dan berakhir pada 28 Februari 2021. Semua pertandingan digelar tanpa penonton serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat

“Pembuatan jadwal ini telah menyesuaikan dengan kondisi terkini, sesuai dengan pelaksanaan lanjutan kompetisi dengan status Extraordinary Competition,” ujar Sudjarno, Kamis sore (03/09).

“Jadwal tersebut juga sudah mempertimbangkan aspek-aspek lain yang sangat memengaruhi bergulirnya kompetisi. Seperti perpindahan home base klub dan juga masa recovery pemain.”

3. Suporter minta PSM pertimbangkan situasi kota

Pemain PSM Makassar Jalani Tes Usap Jelang Latihan PerdanaLiga-Indonesia.id

Pendukung PSM sudah lama menantikan para pemain Juku Eja kembali berlatih. Tapi para suporter juga realistis dengan situasi pandemik saat ini.

Presiden Red Gank, Zulkarnain Dg Kulle mengingatkan manajemen agar mempertimbangkan situasi kota tempat tim berlatih. Sedangkan Makassar disebut bukan opsi ideal.

"Pertimbangannya tentu saja status Kota Makassar sebagai zona merah pandemi," katanya kepada IDN Times pada Jumat 21 Agustus 2020.

Menurut Zul, kesehtan pemain merupakan hal krusial sebelum terjun ke lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

"Sebelum latihan, apa ada garansi semua pemain dan staf PSM sehat? Takutnya nanti malah menimbulkan klaster (penyebaran) baru," ucapnya.

Baca Juga: Liga 1 Tidak Wajibkan Pemain U-20, PSM: Terserah Pelatih

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya