Comscore Tracker

Liga 1 Tidak Wajibkan Pemain U-20, PSM: Terserah Pelatih

Pemain U-20 tidak wajib dimainkan sejak menit awal

Makassar, IDN Times - Operator Liga 1 mengubah regulasi soal pemain U-20, jelang kompetisi dilanjutkan pada Oktober 2020. Dalam aturan baru, klub tidak lagi diwajibkan memainkan pemain U-20 sejak menit awal pertandingan.

Soal regulasi baru disampaikan Media Officer PSM Makassar Sulaiman Karim. Menurut aturan baru, pemain U-20 juga tidak wajib bermain di setiap pertandingan.

"Tapi wajib masuk dalam daftar susunan pemain. Boleh dimainkan, boleh tidak dimainkan," kata Sulaiman lewat keterangan tertulisnya yang dikutip, Senin (10/8/2020).

1. Pemilihan pemain jadi urusan pelatih

Liga 1 Tidak Wajibkan Pemain U-20, PSM: Terserah PelatihANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Sulaiman mengungkapkan, perubahan regulasi disepakati forum manager meeting antara pihak  penyelenggara liga dengan seluruh klub peserta Liga 1, di Jakarta, belum lama ini. Sulaiman menyatakan PSM siap mengikuti aturan baru.

Soal peluang pemain U-20 bermain meski tidak lagi diwajibkan, PSM menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih. Urusan teknis seperti itu jadi wewenang tim pelatih yang dipimpin Bojan Hodak.

"Kalau mereka diturunkan, itu karena memang dibutuhkan tim," ujar Sulaiman.

Menurut Sulaiman, pelatih tidak hanya mempertimbangkan usia, melainkan seperti apa kebutuhan tim saat bertanding. Saat ini skuad Juku Eja diketahui dihuni sejumlah pemain muda berbakat. Mulai dari Aji Kurniawan, Rezky Eka Pratama hingga Asnawi Mangkualam.

2. Empat pemain PSM tinggal lebih lama di pemusatan latihan Timnas

Liga 1 Tidak Wajibkan Pemain U-20, PSM: Terserah PelatihANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sejak 23 Juli 2020, empat pemain PSM mengikuti pemusatan latihan tim nasional. Mereka dipanggil untuk persiapan menghadapi pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Mereka adalah kiper Miswar Syahputra, bek Asnawi Mangkualam, gelandang Muhammad Arfan, dan winger Yakob Sayuri.

Sedianya, pemusatan latihan berakhir pada 8 Agustus 2020. Tapi manajemen PSM belum lama ini mendapatkan informasi bahwa agenda Timnas diperpanjang hingga 15 Agustus 2020 mendatang.

"Empat pemain PSM Makassar yang sebelumnya sudah mengikuti TC (training center) Timnas, tetap mendapat panggilan mengikuti TC," ucap Sulaiman.

3. Liga 1 dilanjutkan 1 Oktober

Liga 1 Tidak Wajibkan Pemain U-20, PSM: Terserah PelatihLiga-Indonesia.id

Diberitakan sebelumnya, Liga 1 musim 2020 akan kembali bergulir mulai 1 Oktober mendatang. Kompetisi yang disetop karena pandemik COVID-19 dijadwalkan selesai pada 28 Februari 2021.

Kepastian kick off Shopee Liga 1 disampaikan operator liga, PT Liga Indonesia Baru melalui surat resminya ke masing-masing klub. Termasuk ke PSM Makassar.

“Pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dimulai pada tanggal 1 Oktober 2020-28 Februari 2021 dengan title Extraordinary Competition, dengan catatan bahwa jadwal tersebut akan mengikuti situasi perkembangan pandemic Covid-19," demikian bunyi surat.

Dalam surat disebutkan bahwa semua pertandingan digelar tanpa penonton. Sistem kompetisi melanjutkan pekan keempat liga dengan format double round robin. Seluruh pertandingan juga dipastikan digelar di Pulau Jawa. Adapun klub asal luar Pulau Jawa, akan berhomebase di DI Yogyakarta dan sekitarnya.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya