Laga Uji Coba PSM Makassar Vs Tim PON Sulsel, Juku Eja Menang 4-0

Striker anyar Anco Jansen cetak dua gol penalti

Makassar, IDN Times - PSM Makassar sukses mengalahkan tim PON Sulsel dalam laga uji coba yang digelar di lapangan Bosowa Sport Center (BSC), Jalan Teuku Umar, Jumat (25/6/2021) sore.

Dalam laga itu, Juku Eja menang telak dengan skor 4-0. PSM menurunkan seluruh pemain inti pada babak pertama. Di bawah mistar gawang ada kiper Hilmansyah, sementara lini belakang ditempati Kapten Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, dan Abdul Rachman.

Di lini tengah, ada kolaborasi M Arfan, Sutanto Tan, Yakob Sayuri, Wiljan Pluim, dan Ilham Udin Armaiyn. Sementara Anco Jansen berperan sebagai striker tunggal.

1. Anco Jansen cetak dua gol melalui titik penalti

Laga Uji Coba PSM Makassar Vs Tim PON Sulsel, Juku Eja Menang 4-0Pemain anyar PSM Makassar, Anco Jansen, dalam sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center pada Kamis 17 Juni 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Empat gol PSM Makassar dicetak oleh Ilham Udin Armaiyn dan Rizky Eka yang berperan sebagai pemain pengganti. Sementara dua gol lainnya diciptakan striker anyar asal Belanda, Anco Jansen lewat eksekusi penalti.

Pelatih kepala PSM Syamsuddin Batola mengungkapkan, selain sebagai uji coba, laga ini menjadi langkah awal untuk menentukan komposisi terbaik dalam tim. "Prosesnya kan masih berlanjut, kita rotasi-rotasi pemain supaya bisa dilihat pilihannya," ujarnya.

2. Organisasi permainan di laga uji coba mulai tertata

Laga Uji Coba PSM Makassar Vs Tim PON Sulsel, Juku Eja Menang 4-0Pelatih kepala Syamsuddin Batola (kiri) dan asisten pelatih Bahar Muharram (kanan) saat mengawasi sesi latihan PSM Makassar di Bosowa Sport Center pada Jumat 12 Maret 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Sepanjang permainan, PSM tampil lebih mendominasi dan menguasai penuh lini tengah. Anco Jansen yang diplot sebagai target man dianggap masih perlu mengasah ketajamannya. "Dia mungkin masih perlu beradaptasi lagi, kan ini masih pertama (uji coba)," jelasnya.

Syamsuddin menilai, anak asuhnya tampil cukup baik dalam uji coba perdana ini. "Kita perlahan lihat organisasi permainan dan semua pemain sudah tahu untuk bagaimana beradaptasi kembali lagi di kondisi seperti ini," katanya.

Baca Juga: PSM Makassar Isyaratkan Segera Datangkan Pelatih Baru

3. Pelatih mulai tekankan kerja sama tim

Laga Uji Coba PSM Makassar Vs Tim PON Sulsel, Juku Eja Menang 4-0Sejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021). Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sembari beradaptasi dengan pola permainan baru, lanjut Syamssudin, seluruh pemain terus ditekankan untuk meningkatkan kerja sama tim. "Itu tugas utama sebenarnya. Apalagi sebelum liga nanti harus betul-betul siap dan sudah ada polanya," kata Coach Syam.

Tidak menutup kemungkinan, kata Syamsuddin, ke depan timnya akan kembali mengagendakan uji coba lanjutan. Uji coba digelar untuk betul-betul melihat kualitas anak asuhnya sebelum kompetisi resmi bergulir. "Mulai dari strategi sampai taktik lagi," ucapnya.

Baca Juga: Sore Ini PSM Uji Coba Lawan Tim PON Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya