Comscore Tracker

PSM Makassar Isyaratkan Segera Datangkan Pelatih Baru

Suksesor Bojan Hodak tidak akan mengutak-atik materi tim

Makassar, IDN Times - Usai mendaratkan striker asing Anco Jansen asal Belanda, CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin mengisyaratkan akan ada sosok lain yang segera datang.

Yang dimaksud Appi adalah pelatih kepala untuk memimpin skuat Juku Eja jelang musim baru Liga 1 Indonesia. Appi mengisyaratkan pelatih baru bakal segera merapat untuk memimpin Wiljan Pluim dkk.

Meski begitu, penggemar PSM nampaknya harus sabar, karena Appi belum memberikan bocoran soal siapa pelatih yang dimaksud. Nama-nama yang beredar masih sebatas rumor.

1. Pelatih baru tidak akan mengutak-atik tim racikan Syamsuddin Batolla

PSM Makassar Isyaratkan Segera Datangkan Pelatih BaruCEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, saat memantau sesi latihan Wiljan Pluim dkk di Lapangan Bosowa Sport Center pada Kamis 17 Juni 2021. (Instagram.com/appi_mika)

Appi' menyebut suksesor Bojan Hodak nantinya tidak akan mengutak-atik keseimbangan tim yang sudah terbangun sejak Piala Menpora 2021. Skuad racikan Syamsuddin Batolla rupanya jadi prototipe untuk Liga 1 2021/22.

"Memang kita takkan mulai dari nol karena sudah ada Batolla. Pelatih baru bukan datang untuk mengubah semua apa yang telah ada. Tapi akan melihat seperti apa yang perlu ditingkatkan," jelasnya.

"Yang bagus tentu harus dipertahankan. Saya harap dia (pelatih baru) berkomunikasi dengan baik dengan pelatih yang ada untuk meningkatkan apa yang sudah dibangun selama ini," lanjut Appi'.

2. Petar Segrt disebut jadi salah satu kandidat terdepan bursa calon pelatih Juku Eja

PSM Makassar Isyaratkan Segera Datangkan Pelatih BaruEks pelatih PSM Makassar, Petar Segrt, bersama trofi SAFF Championship 2018 yang ia juarai bersama Timnas Maladewa. (Instagram.com/segrt4045)

Sejumlah pelatih asing santer diberitakan jadi bidikan manajemen Juku Eja. Tetapi belakangan mengerucut pada sepasang nama. Pertama yakni Milomir Seslija yang pernah menangani sejumlah klub Liga 1 seperti Arema FC, Persiba Balikpapan dan Madura United.

Milo sendiri sedang melatih klub Divisi Dua Bosnia-Herzegovina, FK Igman Konjic, sejak September 2020. Sedang klub Indonesia terakhir yang ia latih adalah Arema FC di pentas Liga 1 2019.

Yang kedua adalah Petar Segrt, pelatih PSM Makassar era Indonesia Premier League (IPL). Menurut laman Transfermarkt, pria asal Kroasia itu sudah menganggur sejak Desember 2019 usai hengkang dari Timnas Maladewa. Jika rumor tersebut benar, ini bakal jadi reuni usai berpisah selama 8 tahun.

3. Setelah sektor depan, lini belakang jadi fokus pembenahan selanjutnya

PSM Makassar Isyaratkan Segera Datangkan Pelatih BaruSejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021).Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Usai datangkan Anco Jansen, masih akan ada pemain-pemain baru yang datang. Salah satunya di posisi bek tengah. Pertahanan jadi sumber krisis lantaran saat ini PSM cuma punya tiga palang pintu yakni Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw dan Abdul Rahman Sulaeman. Tetapi, belum jelas apakah sang stopper baru ini berstatus lokal atau asing.

"Kita akan lihat seperti apa komposisinya, karena kita saat ini masih melakukan negosiasi dengan beberapa pemain," jelas Appi'.

Meski belum melakukan pembicaraan terkait calon pemain, siapapun pelatih baru bisa langsung bekerja lantaran Juku Eja kian padu di pekan kedua masa persiapan. "Insyaallah sudah 70 hingga 80 persen," katanya.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya