Comscore Tracker

Isu Corona, PSM Makassar Dapat Perlakuan Khusus Jelang Laga AFC Cup

Rizky Pellu cs menantang Tampine Rovers, Rabu (12/2) besok

Makassar, IDN Times - Pemain dan ofisial PSM Makassar mendapat perlakuan khusus di Singapura, jelang menghadapi tuan rumah Tampine Rovers pada pertandingan perdana Grup H AFC Cup 2020. Perlakuan khusus diterapkan sesuai peringatan pemerintah Singapura terkait pencegahan virus corona.

Rombongan PSM sudah tiba di Singapura sejak Senin (10/2), dan tengah mempersiapkan penampilan perdananya di babak kualifikasi grup AFC Cup. Pertandingan menghadapi Rovers dijadwalkan berlangsung di Jalan Besar Stadium, Rabu (12/2).

"Peringatan dari pemerintah Singapura terkait pencegahan virus corona, maka ada beberapa perlakukan khusus yang dilakukan, termasuk kepada PSM Makassar (pemain dan offisial)," kata Media Officer PSM Sulaiman Karim, dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (11/2).

Baca Juga: Jelang AFC Cup 2020, PSM Kenalkan Serif Hasic Pengganti Marc Klok

1. Rombongan akan diperiksa suhu badannya sebelum memasuki stadion

Isu Corona, PSM Makassar Dapat Perlakuan Khusus Jelang Laga AFC Cuptwitter.com/Bolalob/

Sulaiman menjelaskan, perlakuan khusus berupa pemeriksaan suhu tubuh pada H-1 dan saat hari pertandingan. Pada hari pertandingan, pemain dan ofisial bakal diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk ke stadion. 

Prosedur ini sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona yang kini menyebar di berbagai negara. Sebelum terbang dari Indonesia, rombongan juga sudah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan.

2. Suhu tubuh 38 derajat ke atas dilarang masuk stadion

Isu Corona, PSM Makassar Dapat Perlakuan Khusus Jelang Laga AFC CupDok. Istimewa/MO PSM Makassar (Ahmad Alia)

Pemeriksaan suhu tubuh merupakan prosedur awal untuk mendeteksi demam, yang jadi salah satu gejala terinfeksi virus corona. Sulaiman mengatakan, pemain dan ofisial akan diperiksa satu persatu. Jelang masuk ke stadion, suhu tubuh yang ditolerir adalah di bawah 38 derajat celcius.

"Jika ditemukan temperatur tubuh 38 derajat keatas, maka akan diperiksa ulang lima menit setelahnya," ucap Sulaiman.

Pemain atau ofisial dengan suhu tubuh 38 derajat celcius bakal ditolak masuk ke stadion.

"Pasti ditolak masuk stadion dan dikembalikan ke hotel, untuk kemudian diberi tindakan khusus," dia melanjutkan

3. Para pemain disarankan untuk menjaga kebugaran tubuh

Isu Corona, PSM Makassar Dapat Perlakuan Khusus Jelang Laga AFC CupANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Pemerintah Singapura, diketahui sempat mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Imbauan menyusul laporan soal merebaknya virus corona.

Merujuk jadwal AFC Cup 2020, tim PSM Makassar bakal bertanding melawan Tampine Rovers pada pukul 19.45 waktu setempat. Pemain hingga ofisial PSM diimbau agar mengikuti arahan dan petunjuk dari pemerintah.

"Untuk itu, disarankan agar pemain dan ofisial untuk mengikuti petunjuk dari tim dokter agar kondisi temperatur tubuh tetap normal, dibawah 38 derajat," kata Sulaiman.

Baca Juga: Jadwal Lengkap PSM Makassar di Grup H AFC Cup 2020

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya